LAPORAN
PROGRAM COMPANY VISIT
Oleh:
Toto
Krisdayanto
NIM : 36.2015.4.2.0909
NIM : 36.2015.4.2.0909
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN
MANAJEMEN
UNIVERSITAS DARUSSALAM
GONTOR
PERIODE
2016
Kata Pengantar
Puji dan syukur kami ucapkan kepada
Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan
Laporan Company Visit yang diadakan pada tanggal 17 maret 2016 di PT. Amerta
Indah Otsuka, Kejayan - Jawa Timur & Kusuma Agrowisata, Batu-Malang – Jawa
Timur ini dapat terselesaikan dengan baik.
Laporan ini disusun oleh saya
sendiri. Seluruh isi laporan ini disusun berdasarkan data yang di peroleh
pada kegiatan di tempat industri & di dukung pula oleh data-data yang ada
internet.
Kami menyadari bahwa dalam
penyusunan laporan Company Visit ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu,
kami mengharap kritik dan saran yang dapat membangun motivasi kami agar dapat menjadi lebih baik dan lebih maju
untuk masa yang akan datang.
Karena
keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, Oleh karena itu, kami mengharap kritik
dan saran yang dapat membangun motivasi kami agar dapat menjadi lebih baik dan
lebih maju untuk masa yang akan datang.
Harapan
kami semoga laporan yang kami buat ini dapat bermanfaat bagi kami dan para
pembaca pada umumnya.
Mantingan,
20 Maret 2016
_______________
Toto Krisdayanto
Daftar Isi
Kata Pengantar......................................................................................................1
Daftar
Isi................................................................................................................2
Bab I Pendahuluan..............................................................................................3
a)
Latar
Belakang.....................................................................................3
b)
Tujuan..................................................................................................3
c)
Manfaat................................................................................................3
Bab II Pembahasan.............................................................................................4
1)
Kusuma
Agrowisata............................................................................4
1.
Profil
Perusahaan.....................................................................4
2.
Produk
Perusahaan..................................................................5
3.
Proses
Produksi........................................................................6
4.
Pemasaran................................................................................6
5.
Sumber Daya
Manusia.............................................................7
6.
Keuangan.................................................................................7
2)
PT.Amerta Indah
Otsuka.....................................................................7
1.
Profil
Perusahaan.....................................................................7
2.
Produk
Perusahaan..................................................................9
3.
Proses
Produksi......................................................................10
4.
Pemasaran..............................................................................10
5.
Sumber Daya
Manusia...........................................................11
6.
Keuangan...............................................................................11
Bab III Kesimpulan...........................................................................................12
1)
Penutup..............................................................................................12
Bab
I Pendahuluan
1.1.Latar belakang
Kunjungan perusahaan diadakan untuk
menambah wawasan mahasiswa tentang ilmu pengetahuan serta tentang dunia kerja.
Mahasiswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan perusahaan
untuk memperoleh pengetahuan tentang proses pembuatan suatu produk, juga untuk
memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang kewirausahaa dan proses produksi,
tak hanya itu saja, juga untuk memberi wawasan kepada mahasiswa tentang proses
kesuksesan sebuah perusahaan yang bermula dari nol sampai menjadi perusahaan
yang besar. Kemudian agar para mahasiswa mendapatkan ilmu pengetahuan
tidak hanya secara teori namun juga dari sisi praktis dari suatu perusahaan. Dengan
melihat langsung dan bertanya di lokasi industri diharapkan mahasiswa makin
kritis memahami realita segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia kerja.
Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih mendekatkan mahasiswa dengan
kondisi dunia kerja yang akan mereka hadapi selepas kuliah nanti. Banyak hal
yang dapat dipetik mahasiswa lewat kunjungan ini, seperti perolehan gambaran
suasana kerja dan jenjang karir, serta berbagai jenis jasa yang ditawarkan.
1.2.Tujuan
a.
Untuk memperluas pengetahuan mahasiswa dalam lingkungan dunia kerja.
b. Sebagai
suatu cara untuk mengaplikasikan atau menerapkan materi-materi yang telah
diperoleh dalam perkuliahan oleh mahasiswa dalam bentuk teori ke dalam praktik
lapangan.
c.
Untuk mendorong mahasiswa agar mempunyai minat untuk mendirikan perusahaan.
d. Memperkenalkan
mahasiswa kepada dunia kerja yang nyata dengan ilmu yang didapat dalam
perkuliahan yang sudah diperoleh.
1.3.Manfaat
a.
Mengetahui, proses produksi, pemasaran, SDM, dan keuangan di perusahaan.
b.
Mendapat gambaran saat akan bekerja di perusahaa dan gambaran bagaimana memulai suatu usaha.
e. Untuk
membandingkan teori yang telah didapat di bangku kuliah dengan kenyataan yang
ada.
Bab
II Pembahasan
Kusuma Agrowisata
2.1.1.
Profil Perusahaan
Sukses yang diraih Bapak
Ir. Edy Antoro itu bermula dari keputusan besar yang dia ambil pada
penghujung 1989. Sebelum banting setir menjadi pengusaha, beliau menduduki
posisi mentereng di PT Perkebunan (PTP), sekarang bernama PT Perkebunan
Nusantara (PTPN) XII, sebagai sinder atau kepala bagian di Kabupaten Bondowoso.
Usai mengundurkan diri, Bapak Ir. Edy Antoro memboyong istri dan anak
pertamanya dari Bondowoso ke Batu. Di kota apel itu, ia memulai hidup baru
dengan membeli lahan seluas empat hektare.
Sebagai lulusan Agronomi Universitas
Jember pada Desember 1983, beliau tertarik untuk berwiraswasta budidaya tanaman
apel. Usaha beliau di tahap awal tidak berjalan mulus, lahan yang
dibeli ternyata kualitasnya rendah. Namun, berkat keuletan selama hampir tujuh
bulan, tanah berbatu itu diubah menjadi lahan subur untuk perkebunan apel.
Batu-batu disingkirkan, penyuburan tanah dilakukan, sehingga dapat ditanami
3.200 pohon apel.
Bunga apel yang mekar dan buah mulai
ranum, tidak membuat Bapak Ir. Edy Antoro langsung bisa mengecap manisnya
budidaya apel, beliau ketiban persoalan di penjualaan hasil kebunnya. Awalnya
ia optimistis, hasil panen apel bakal dihargai tinggi sekitar Rp 2.500 per kg.
Ternyata tengkulak buah yang saat itu banyak berpraktik di Batu hanya mau
membeli di harga Rp 1.900 per kg.
Tidak mau terjerat
tengkulak, beliaumencoba untuk menawarkan langsung hasil kebunnya ke
sejumlah toko buah di Surabaya. Langkah itu justru malah membuatnya berkecil
hati. Sebab, tanpa disangka harga yang ditawarkan jauh lebih rendah yakni hanya
Rp 1.500 per kg.
Menuai kekecewaan dari hasil panen
yang pertama, beliaupun nekat mengubah jenis usahanya. Dia memutuskan
untuk tidak menjual apel ke perantara. Beliau membuat terobosan dengan
membuka lahan kebun untuk masyarakat umum. Biaya yang dikenakan Rp 2.500 sekali
masuk dan sebagai gantinya mereka boleh makan apel sebanyak-banyaknya. Ternyata
cara menjual apel yang tak lazim saat itu ternyata menuai sukses. Wisata petik
langsung buah apel di kebun yang dikembangkan Oleh Bpak Ir. Edy Antoro tersebut
booming. PT Kusuma Agrowisata yang ia didirikan untuk mengolah kebun
apel meraup omzet nomplok sampai Rp 250 juta per tahun.
VISI
Membangun
Kusuma Agrowisata Group Menjadi Perusahaan Yang Terpercaya, Tangguh dan Mampu
Persaing di Pasar Global.
MISI
1.
Menghasilkan Produk Jasa Yang dapat diterima dan dapat memberikan
kepuasan konsumen.
2.
Mendapatkan
keuntungan untuk kelangsungan dan pengembangan usaha serta kesejahteraan
karyawan.
2.1.2.
Produk perusahaan
a)
Apel
b)
Jeruk
c)
Kopi
d)
Jambu biji daging merah
e)
Buah Naga
f)
Strawberry
g)
Sayur-sayuran
h)
Paprika
Kusuma
Agrowisata memproduksi minuman yang terbuat dari sari buah asli yang di petik
dari kebunnya sendiri.Produk yang di hasilkan adalah minuman sari buah yang
bermerek Siiplah.
Bapak Ir.Edy
Antoro memilih untuk memproduksi minuman sari buah Siiplah karena beliau dapat
memanfaatkan buah buah yang tidak terpetik agar bermanfaat untuk lainnya
2.1.3. Proses Produksi
Minuman sari buah Siiplah di produksi dari buah-buahan yang
terdapat di dalam perkebunan Kusuma Agrowisata asli. Berawal dari buah-buahan
yang tidak terpetik,bapak Ir.Edy Antoromempunyai infirasi untuk membuat minuman
yang taerbuat dari sari buah yang tidak terpetik tadi.
Minuman sari buah Siiplah merupakan minuman yang tebuar dari buah
buah segar.Setelah di petik,buah lalu di cuci sampai bersih dan langsung di
proses pembuatan sari buah.Lalu sari buah di masukan ke dalam gelas plastik
yang bermerek dan juga botol yang bermerek.Setelah selesai,minuman sari buah
Sipplah siap di kemas ke dalam kardus dan siap di produksi serta di kirim ke
konsumen.
2.1.4. Pemasaran
a)
Strategi bauran pemasaran (Marketing
Mix) sistem penjualan produk & jasa yang diterapkan oleh Kusuma
Agrowisata di unit kegiatan wisata agro. Misalnya dalam Penjualan paket.
b)
Sales call, pemberian discount khusus mulai dari 5%, 10%, dan 15%,
serta kerjasama pemasaran dengan hotel – hotel yang ada di kota Batu dan
Malang.
2.1.5. Sumberdaya Manusia
Sumberdaya
manusia yang di dapatkan oleh Kusuma Agrowisata adalah dari seseorang yang
memiliki minat untuk bekerja dengan cara menempelkan poster-poster yang
berhubungan dengan pembutuhan sumber daya manusia.
Kusuma
Agrowisata juga menggunakan beberapa fungsi operasional sumberdaya
manusia.Beberapa fungsi itu adalah:
a)
Fungsi Pengadaan adalah proses seleksi, penempatan, orientasi, dan
induksi untuk mendapatkan
karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan
b)
Fungsi Pengembangan adalah proses peningkatan ketrampilan melalui
pendidikan dan pelatihan. Diklat yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa
kini maupun masa depan.
c)
Fungsi Pengintegrasian adalah kegiatan untuk mempersatukan
kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang
serasi dan saling menguntungkan.
d)
Fungsi Pemeliharaan adalah kegiatan untuk memelihara atau
meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar tercipta hubungan jangka
panjang.
2.1.6.
Keuangan
Kusuma
Agrowisata mendapatkan omset sebesar Rp 8.000.000.000,00 perbulannya.
Pocari Sweat
2.2.1.
Profil perusahaan
Apa sih PT. Amerta Indah Otsuka
itu?? Kalau kita pernah mendengar nama itu, pasti yangada dalam pikiran kita
adalah Minuman Pocari Sweat. Lalu apa hubungannya minuman inidengan perusahaan
tsb?? Nah, disini kami akan menjelaskan secara singkat tentang hubungan keduanya.
Pocari Sweat merupakan minuman ringan di Jepang, di produksi oleh Otsuka
Pharmaceutical Co, Ltd. Tahun 1989 Pocari Sweat kemasan kaleng diluncurkan,
tahun 1990 penetapan kontrak pengemasan (peralatan pabrik) , kemudian bulan
Februari tahun 1997 PT. Amerta Indah Otsuka berdiri di Sukabumi–Jawa
Barat. Pocari kemasan 15gr diluncurkan pada bulan Februari tahun2001, pada awal
2004 mulai memproduksi di Sukabumi. Lalu pada bulan Juni 2006 pocari kemasan
500 ml diluncurkan, tidak hanya minuman isotonic saja. PT. Amerta Indah Otsuka
juga meluncurkan Soyjoy pada September 2007, kemudian bulan Oktober kembali
meluncurkan pocari kemasan 350 ml.Pada Februari 2008 kantor Sukabumi &
line produksi Pocari Sweat kemasan PET resmi dibuka. Bulan April tahun 2009
pocari kembali meluncurkan kemasan PET 2 liter, masih dibulan april 2010 Soyjoy
rasa strawberry diluncurkan. Pada tanggal 26 Mei 2010 lalu PT Amerta Indah Otsuka,
Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur Kejayan baru diresmikan oleh Executive Vice
President Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd. Jepang Mr. Masayuki Umeno, disaksikan
oleh manajemen dan jajaran komisaris PT Amerta Indah Otsuka , dan dihadiri
juga oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Drs. H. Saifullah Yusuf serta
jajaran muspida setempat. Berdiri di luas tanah 112,480 m2 dan luas
bangunan 19,326 m2, Pabrik Kejayan ini akan mampu menghasilkan PET
350 ml sebanyak 150 Juta botol/tahun. Pabrik Kejayan ini sudah mulai
berproduksi dari April 2010.Dengan menggunakan peralatan yang berteknologi
canggih serta bahan baku plastik yang lebih ringan serta proses produksi di
suhu ruang dalam lingkungan pabrik yang bersih ini akan menghasilkan eco bottle
yang ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi karbon ke lingkungan.Pabrik
Kejayan ini juga dilengkapi dengan ruang perkantoran, sebuah Amphitheater dan koridor
tempat dimana pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan Pocari Sweat. Fasilitas
Amphitheater ini adalah fasilitas ruang serbaguna di area pabrik yang nantinya
akan dibuka bagi masyarakat umum sebagai sarana edukasi tentang Pabrik Kejayan
yang memproduksi Pocari Sweat secara canggih dengan teknologi tinggi dari
Jepang dan tenaga kerja yang berkualitas sehingga menghasilkan Pocari Sweat
sebagai produk minuman yang berkualitas tinggi.
VISI
:
Menjadi
perusahaan yang brilian, dengan memberi kontribusi yang signifikan
danterpercaya bagi konsumen serta masyarakat.B.
MISI
:
Mengembangkan
dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi untukmenghasilkan
produk-produk berkualitas tinggi.
Menjadikan
kebutuhan kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai prioritasutama.
Menangkap
peluang di semua aspek secara tepat dan inovatif untuk kesejahteraandan
kepuasan konsumen serta perkembangan perusahaan.
Mengembangkan
dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkandengan rekan bisnis.
Menjadi
perusahaan terpercaya.
2.2.2. Produk perusahaan
POCARI
SWEAT
Nah, produk yang sudah mendunia adalah Pocari Sweat ini. Pocari Sweat adalah minuman
isotonic yang mengandung berbagai ion yang diperlukan tubuh saat tubuh
mengalami dehidrasi.Siapa saja pasti sudah mengetahuinya, dan mengenal Pocari Sweat
merupakan produk unggulan PT. Amerta Indah Otsuka Indonesia.
POCARI
SWEAT IONESSENCE
Kalau yang ini merupakan varian
produk baru yang di luncurkan oleh Otsuka, Dikemas dalam botol berukuran 250
ml, Ionessence diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical, yang juga memproduksi
minuman Pocari Sweat. bahwa kandungan elektrolit Ionessence mirip dengan
elektrolit yang terdapat pada Natural Moisturizing Factor (NMF)
kulit. Nah, NMF ini adalah bagian dari kulit yang bertugas menjaga kondisi
kulit agar selalu terhidrasi. Saat dikonsumsi, Ionessence akan membantu
mengunci cairan yang masuk ke tubuh, sehingga kulit mendapat efek maksimal dari
air yang masuk ke dalam tubuh.
SOYJOY
Produk
unggulan lainnya yang dimiliki oleh PT. Amerta Indah Otsuka Indonesia adalah Soyjoy.
Soyjoy adalah produk baru yang menggabungkan manfaat kedelai dengan sari buah
alam terbaik.
2.2.3. Proses produksi
Proses
Pembuatan Pocari Sweat :
a.
Resin / Bijih Plastik sebagai bahan pembuatan kemasan *P.E.T, dibawah
pengawasan QC yang
ketat.
b.
Injection Preform Resin
dipanaskan dan dicetak menjadi preform / calon botol.
c.
Blowing ProsesPreform ditutup dengan suhu dan tekanan tertentu,
dicetak menjadi botol.
d.
Filling Proses Pengisian
larutan Pocari Sweat pada suhu
kamar kedalam botol dan dilanjutkan dengan proses capping ( penutupan).
e.
Labeling Proses Pemberian
label Pocari Sweat pada botol.
f.
Inspeksi Secara otomatis
dengan menggunakan kamera pengawas, untuk memberikan jaminan kualitas yang
tinggi.
g.
Produk Hasil akhir
telah jadi berbentuk minuman ringan
Pocari Sweat.
h.
Pengemasan produk dikemas
kedalam karton dan disusun otomatis oleh mesin.
i.
Distribusi yang telah lulus
uji kualitas dapat dikirim ke konsumen
2.2.4. Pemasaran
PT. Amerta Indah Otsuka dengan kapasitas produksi sebesar 600
botol/menit dan jam kerja selama 23 jam per hari,
jumlah produk Pocari Sweat tentunya sangat banyak. Pabrik Pocari Sweat di
Kejayan merupakan sub induk dari Perusahaan Otsuka AsiaPasifik yang memproduksi
minuman isotonik Pocari Sweat. Sehingga selain memenuhi permintaan Pocari Sweat
dalam negeri, produk akan diekspor ke Hongkong, Singapura, Malaysia, Arab Saudi
dan Mesir.
2.2.5. Sumberdaya Manusia
Perusahaan yang sukses dinilai,
salah satunya, dari keuntungan yang diperoleh setiap tahun ataupun peningkatan
profit. Meskipun begitu, PT Amerta Indah Otsuka, produsen Pocari Sweat,
mengklaim kesuksesan tidak hanya diukur dari materi. Visi Amerta Otsuka pada
dasarnya adalah menjadi perusahaan ‘cerdas’. Meskipun tidak menampik,
keuntungan tetap prioritas. Kesuksesan perusahaan menurut Sales & Marketing
Director PT.Amerta Indah Otsuka, perusahaan tersebut menghargai karyawan
mengingat SDM sangat penting dan mendapat perhatian tersendiri. Perusahaan
tidak bisa sukses tanpa SDM yang berkualitas. Oleh karena itu, PT Amerta Indah
Otsuka mengutamakan jenjang karir SDM yang jelas dan memberikan kesempatan
promosi pada SDM internal untuk mengisi jabatan yang lebih tinggi.yaitu :
Ø Jumlah tenaga
kerja untuk Pocari Sweat mencapai 800 orang,
Ø Termasuk
pegawai yang bekerja di pabrik, dan pegawai yang berada di kantor pusat
mencapai 80 orang sampai 90 orang.
Ø Angka tersebut
belum termasuk karyawan outsourcing yang mencapai 200 orang.
Ø Pabrik Pocari
Sweat ada di Sukabumi dan Kejayan, Pasuruan. Karyawan outsourcing ditempatkan
di pabrik maupun menjadi tenaga sales.
Serta perusahaan mendukung
pengembangan karir karyawan. Kalau di pabrik, tersebut memiliki AOTS
(Association for Overseas Technician Scholarship). Ini adalah program
pengiriman karyawan ke Jepang untuk belajar sesuatu. Selain itu, Amerta Indah
Otsuka juga memiliki HR Institute yang memungkinkan karyawan baru memahami
filosofi Otsuka. Pocari lebih dikenal untuk segmen pasar usia 25-30tahunan.
Tapi dengan persiapan untuk masa yang akan datang, target pasar harus perlebar.
Salah satu target konsumen utama adalah remaja. Dengan mengundang pelajar SMA
untuk ikut berpartisipasi di beberapa acara kami. Pocari Sweat jugamemanfaatkan
tiga jejaring sosial yaitu Facebook, Twitter dan Foursquare untuk merangkul
mereka menjadi konsumen.
2.2.6. Keuangan
Keuangan
perusahaan Amerta Indah Otsuka tidak boleh di beritahukan kepada umum karena
merupakan rahasia perusahaan itu sendiri.
BAB III Kesimpulan
Setiap perusahaan yang maju dan
berkembang pasti dahulunya memiliki proses pendiriannya yang sangat penuh
dengan perjuangan. Jatuh bangunya perusahaan itulah yang bisa merubah
perusahaan tersebut menjadi kokoh. Kegagalan itu bukan akhir dari sebuah
perjuangan tetapi kegagalan adalah awal perjalanan untuk menuju sebuah
kesukesesan.
Setiap perusahaan juga mempunyai produk
masing-masing entah itu jasa/barang yang akan mereka produksikan dan pasarkan
sebagai sumber penghasilan perusahaan tersebut. Produk yang berkualitas bagus
akan sangat laris dipasaran. Oleh karena itu, perusahaan juga harus memberikan
produknya dengan layanan, kemasan, dan kualitas yang terbaik serta memiliki
nilai tambah.
Pemasaran adalah hal yang paling
berpengaruh untuk mengenalkan produk tersebut kepada masyarakat. Pemasaran yang
baik akan mempengaruhi nilai pelanggan yang positive terhadap produk yang
mengakibatkan naiknya permintaan terhadap produk.
Sumber daya manusia yang paling
efektif dan evisien adalah berniat untuk bekerja karena ibadah. Bagaimana pun
jalannya perusahaan tersebut bila dilakukan karena ibadah akan berjalan lancar
tidak ada permasalahan antara manajer dan karyawan, sehingga pendapatan
perusahaan pun menjadi berlimpah.
Saya ingin berkongsi dengan anda semua di sini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari Encik Benjamin yang membantu saya dengan pinjaman sebanyak 400,000.00 Euro untuk memperbaiki perniagaan saya. Ia mudah dan cepat apabila saya memohon pinjaman apabila keadaan semakin kasar dengan perniagaan saya. Benjamin memberi pinjaman saya tanpa berlengah-lengah. di sini adalah e-mel Benjamin / e-mel kenalan: +1 989-394-3740, lfdsloans@outlook.com.
BalasHapus