Tugas Manajemen Pemasaran
1. Apa yang dimaksud perencanaan strategi
berorientasi pasar? kemukakan dan berikan alasannya !!!
Ø Proses
manajerial untuk mengembangkan dan mempertahankan agar tujuan, keahlian dan
sumber daya organisasi sesuai dengan peluang pasar yang terus berubah.
Ø Untuk membentuk dan menyempurnakan
usaha dan produk perusahaan agar memenuhi keuntungan dan pertumbuhan, agar perusahaan punya
tujuan yang jelas dan dapat dengan mudah mencapai tujuan tersebut.
2. Sebutkan 2 tingkat rencana pemasaran
jelaskan?
Ø Rencana pemasaran strategis : Mengembangkan tujuan dan strategi
pemasaran yang luas berdasarkan analisis situasi dan peluang pasar saat ini
Ø Rencana pemasaran taktis : menggariskan taktik pemasaran
yang spesifik terdiri dari periklanan, penjualan, penetapan harga, saluran
distribusi dan pelayanan
3. Sebutkan 3 karakteristik unit bisnis
strategi?
Ø UBS adalah satu bisnis tunggal, atau kumpulan
bisnis yang behubungan, yang dapat direncanakan secara terpisah dari bagian
perusahaan lainnya
Ø UBS mempunyai kelompok pesaingnya sendiri
Ø UBS mempunyai manajer yang bertanggungjawab
atas perencanaan strategis dan kinerja laba, yang mengendalikan sebagian besar
faktor yang mempengaruhi laba
4. Apa yang dimaksud pertumbuhan intensif,
integratif, dan pertumbuhan diversifikasi ? Jelaskan !!!
Ø Pertumbuhan
Intensif adalah menemukan peluang untuk tumbuh dalam bisinis perusahaan yang
ada.
Ø Pertumbuhan
Integratif adalah menemukan peluang untuk membangun/membeli bisnis yang
berhubungan dengan bisnis perusahaan yang ada.
Ø Pertumbuhan
Diversifikasi adalah menemukan peluang untuk menambah bisnis yang tidak
berhubungan dengan bisnis perusahhan yang ada.
5. Apa yang anda ketahui tentang analisa
SWOT jelaskan?
Ø Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis
yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek
atau suatu spekulasi bisnis.
Ø Analisis SWOT dapat diterapkan dengan
cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya,
kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah
bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage)
dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi
kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari
peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths)
mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah
bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat
ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
6. Apa yang anda ketahui tentang STP (segmentasi, targeting,
positioning) cari tau dan jelaskan?
Ø Segmentasi
pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang
semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang
berperilaku seragam. Atau proses mengelompokkan bagian-bagian pasar yang
berperilaku sama dari keseluruhan pasar yang beragam
Pembagian
segmentasi pasar secara umum, yaitu
Ø Geografis (wilayah, pemukiman, perkotaan
dsb)
Ø Demografis (usia, jenis kelamin,
pendapatan, pendidikan, pekerjaan dsb)
Ø Psikografis (sikap, motivasi, persepsi
dsb)
Ø Kebiasaan (membeli, mengkonsumsi dsb)
Ø Targeting adalah
strategi mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif.Tiga kriteria dalam
mengevaluasi dan menentukan segmen yang akan ditarget, yaitu:
1. Memastikan bahwa segmen pasar yang
dipilih cukup besar dan akan cukup menguntungkan bagi perusahaan.
2. Strategi targeting itu
harus didasarkan pada keunggulan kompetitif perusahaan yang bersangkutan.
Keunggulan kompetitif merupakan cara untuk mengukur apakah perusahaan itu
memiliki kekuatan untuk mendominasi segmen pasar yang dipilih.
3. Segmen pasar yang
dibidik itu harus didasarkan pada situasi persaingannya yang secara langsung
atau tidak langsung mempengaruhi daya tarik target segmen.
Ø Positioning
adalah suatu tindakan atau langkah-langkah dari produsen untuk mendesain citra
perusahaan dan penawaran nilai dimana konsumen didalam suatu segmen tertentu
mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu segmen tertentu, mengerti dan
menghargai apa yang dilakukan suatu perusahaan, dibandingkan dengan pesaingnya. Dan positioning adalah
suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan
perbedaan (differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit).
7. Pilih satu usaha didaerah kalian
kemudian analisa SWOT nya?
Ø kekuatan (strengths), kelemahan
(weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek
atau suatu spekulasi bisnis.
Capcin ( Capucino Cincau )
Kekuatannya:
o Mempunyai citarasa yang
beda
o Cocok ketika sedang cuaca panas
o Mempunyai banyak varian rasa
o Mudah didapat dan dekat dengan perumahan
warga sekitar
Kelemahannya:
§ Tidak cocok jika musim hujan
§ Tidak tahan lama
§ Mudah basi bila tidak ditaruh di dalam
kulkas
Peluang:
·
Sedikitnya
penjual Capcin ( Capucino Cincau ) ijo
disekitar mantingan
·
Masih
banyaknya pelanggan yang tetap suka Capcin
( Capucino Cincau ) meski cuaca hujan
Ancaman:
ü Tempatnya yang belum permanen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar