Anda Pengunjung ke....

Minggu, 17 April 2016

Contoh Business Plan Caferai (Cafe Saburai)


                  BUSINESS PLAN
                               
                               
   
                      Oleh :
                                                  Toto Krisdayanto                                                      NIM : 36.2015.4.2.0909
                                              PROGRAM STUDI MANAJEMEN                                                                FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN                                                                        KAMPUS MANTINGAN                                                                             UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR                                         PERIODE 2016  


Kata Pengantar

            Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini tepat pada waktunya. Tak lupa shalawat berangkaikan salam penulis hadiahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari  zaman kebodohan menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
            Adapun maksud dan tujuan penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas Business Plan yang di ampu oleh Ahmad Suyanto S.Ag. Adapun penulis membuat proposal Caferai “Cafe Saburai” ini, karena bisnis ini belum populer di masyarakat daerah saya.
            Segala sesuatu yang salah datangnya dari manusia yaitu saya sendiri sedangkan segala sesuatu yang benar datangnya hanya dari Allah SWT. Saya menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, masih banyak hal yang kurang dalam penulisan proposal ini. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar saya dapat memperbaikinya.
            Harapan saya, semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber ilmu yang baru bagi kita semua. Amin.




                                                                                         Mantingan, April 2016
                                                                                                              
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       _____________________                                                                                                   Toto Krisdayanto


Pendahuluan
CAFERAI “Cafe Saburai” ini rencananya akan saya dirikan di daerah saya yang bertepatan di jalan poros rawajitu timur, & secara keseluruhan dipegang oleh Toto Krisdayanto selaku pemilik.
CAFERAI “Cafe Saburai” adalah sebuah cafe atau warung yang di desain simple namun nyaman. Dicafe ini nilai yang paling ditonjolkan adalah kenyaman. Karena selain sebagai tempat nongkrong, cafe ini menyediakan fasilitas yang tujuannya untuk istirahat seperti : Pohon yang rindang, tempat lesehan atau pun berkursi, tv, full music, koran, dan yang tentunya menu makanan ringan, minuman, cemilan adalah fasilitas dan produk yang ditawarkan di cafe ini.  Cafe ini bisa jadi sarana tempat istirahat sementara bagi para pekerja yang punya jeda waktu istirahat, ataupun untuk para remaja menghabiskan waktu kosong. Konsep cafe ini sengaja dibuat tak semewah cafe yang lainnya karena ingin menunjukkan kesan hommy, sehingga pengunjung dapat betah berlama-lama berada di cafe.  Cemilan yang tersedia disini banyak mulai dari berbagai macam gorengan dan gorengan bakar, jajanan kering (makroni, stik keju,dll) sampai pancake ataupun sereal.  Tak perlu khawatir kehabisan cemilan karena disini pengunjung bisa beli cemilan kering secara ons sesuai permintaan atau membeli yang sudah terbungkus rapih. Makanan yang disajikan disini juga beragam dari cat rice (nasi kucing), nasi goreng, sampai masakan rumahan yang bisa dipesan sesuai menu harian. Sedangakan menu minuman seperi cafe lainnya berbagai jenis kopi ataupun aneka minuman lainnya ada disini. Berbagai produk dan fasilitas yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan konsumen.

A.   Latar Belakang

        Keadaan perekonomian yang tidak pasti di negara berkembang seperti Indonesia ini membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat untuk lebih kreatif lagi  dalam membuka lapangan usaha atau membuka usaha sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga pengangguran tidak terlalu meningkat. Berbeda dengan di negara-negara maju dimana masyarakat seperti kurang waktu untuk menyesaikan semua pekerjaannya. Kesibukan aktivitas yang begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk berfikir lebih jernih dan tenang. Sehingga diperlukan tempat-tempat yang begitu tenang dan nyaman untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Sehingga muncullah sebuah ide saya untuk mendirikan sebuah CAFERAI “Cafe Saburai” seperti apa yang diinginkan pelanggan.
           
         Segmen pasar yang diutamakan ialah para remaja, pelajar dan pekerja, dan masyarakat umum. Competitive advantage (keunggulan kompetitif) dalam usaha ini adalah differentiation maksudnya yaitu usaha ini merupakan usaha yang berbeda dari jenis usaha cafe lainnya karena fokus usaha ini adalah pada tempat hiburan nongkrong, live music, nobar (nonton bareng), dll. Segmen pasar dari usaha ini berbeda dari usaha yang sudah ada sehingga  pesaing di usaha ini masih sedikit. Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung menu-menu yang variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian menu yang variatif dan unik. Dengan berbagai jenis minuman yang menjadi menu spesial CAFERAI ini. Tidak hanya itu di CAFERAI ini juga menyediakan berbagai jenis makanan ringan dan juga ice cream. Dengan berbagai kelebihan CAFERAI ini, tentu Anda tak perlu ragu lagi untuk dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan hidangan yang lezat. Sudah dipastikan menu-menu yang akan Anda nikmati mempunyai rasa standar kelezatan yang sama bila diolah oleh karyawan yang berbeda, karena CAFERAI ini mempunyai standart recipes (resep standar) dalam setiap makanan yang dibuat. Untuk dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang variatif ini, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena menu-menu ini sangat relatif terjangkau.
      Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara tradisional dan modern serta desainnya yang minimalis, tampak dari beberapa bangku klasik modern yang mengesankan suasana khas tradisonal modern. Diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan untuk menikmati suasana CAFERAI ini. Kemudian CAFERAI ini juga menyediakan sebuah LCD Projector untuk menonton event-event pertandingan bola, motor GP, F1, dan event-event lainnya. Ini dapat menarik pelanggan yang bosan menonton di rumah dan ingin menikmati suasana menonton yang berbeda dan lebih seru bersama teman-teman. Di CAFERAI ini terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking jadi pengunjung dapat memilihnya. Dengan demikian jika seseorang lebih berfikir kreatif dan inovatif dapat menciptakan peluang usaha yang baru.
           Tujuan dari bisnis ini adalah selain untuk mencari keuntungan, juga untuk memanfaatkan potensi yang ada. Karena biji kopi yang berkualitas juga banyak terdapat di Negara kita, sehingga produksi dari biji kopi tersedia cukup banyak dan memiliki potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan guna memperoleh nilai ekonomi yang sangat tinggi. Selain itu dengan membuka bisnis ini juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya.

B.   Visi dan Misi
VISI
            Menjadikan CAFERAI sebagai cafe brand life style terdepan di Indonesia dengan nuansa tradisional bercampur modern.
MISI
1.      Menyediakan coffee yang berkualitas
2.      Menyediakan tempat yang nyaman untuk berkumpul dan bersantai
3.      Menempatkan pelanggan sebagai prioritas
4.      Memberikan pelayanan yang prima dan unggul dalam penyajian

C.   Analisis Industri

            Kopi adalah bagian tak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Setiap kali kita bertamu, pertanyaan yang sering muncul adalah: “Mau minum kopi atau teh?” Pada setiap ronde catur dan gaplek, selalu ada beberapa cangkir kopi yang setia menemani para pemainnya. Karenanya, bisnis kopi pun berkembang dengan pesat di Indonesia: kopi saset yang bisa ditemukan di mana saja, warung kecil yang selalu bisa menyeduhnya, roaster lokal tanpa merek yang ada di pasar-pasar tradisional, dan bahkan ia menjadi menu wajib yang ada di setiap warung nasi maupun warung mie, bahkan restoran sekalipun.
       
Perspektif Masa Depan Usaha
            Dengan melihat peluang yang ada saat ini, bila usaha ini dilanjutkan. Maka di harapkan akan memiliki prospek yang baik untuk ke-depannya, mengingat usaha ini belum memiliki saingan yang berarti di daerah tempat saya akan berdagang dalam bidang cafe ini. Namun, untuk memberikan pelayanan yang lebih memuaskan kepada pelanggan, dibutuhkan adanya penambahan fasilitas-fasilitas yang bisa memuaskan pelanggan.  
           
Analisi Persaingan Usaha
            Pilihan lokasi dan wilayah cafe adalah dengan kriteria pasar dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah dijangkau dan terlibat dari jarak yang cukup jauh. Pilihannya adalah dikawasan pasar rawajitu sebagai pusat berkumpulnya banyak orang di daerah saya sendiri. Dan dalam waktu jangka panjang akan menambah lokasi dan membuka cabang di wilayah lainnya.
            Walaupun pada saat sekarang jarang orang yang membuka cafe, itu bahkan tidak berpengaruh sama sekali, karena tempat yang kita pilih sangat menjanjikan untuk berbisnis, karena daerah tersebut sangat strategis dan memang daerah keramaian, otomatis pelajar maupun masyarakat terpojok untuk bebelanja di cafe kita. Selain jauh dari segi waktu dan jarak tempuh, harga yang kita cocokkan masih bisa bersaing dengan harga pasar, dan kami pastikan kualitas pelayanan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan.

1.      Strength (kekuatan)
a)      Cafe dengan menu yang harganya sesuai kantong para remaja, pelajar, dan para pekerja.
b)      Tempat dan situasi café yang nyaman dengan 2 pilihan yaitu : ruangan area bebas dari rokok & ruangan bebas untuk merokok.
c)      Lokasi tempat di daerah pasar.
d)     Menghadirkan menu kucingan dengan trempat cafe yang sederhana tapi nyaman.
e)      Dilengkapi dengan fasilitas tv, full music, koran, serta LCD Projector untuk menonton event-event pertandingan bola, motor GP, F1, dan event-event lainnya.
f)       Menyediakan berbagai cemilan mulai dari gorfengan, pancake sampai berbagai jenis makanan kering

2.      Weakness (kekurangan)
a)      Dana yang dibutuhkan untuk pengadaan sarana dan prasarana cukup besar.
b)      Pada awal pembukaan perlu promosi ekstra.
c)      Lokasi di kawasan daerah selalu dilalui kendaraan.

3.      Opportunity (kesempatan)
a)      Di kawasan daerah saya belum banyak cafe yang berdiri.
b)      Bisa bekerjasama dengan warung kucingan.
c)      Karena berada di lokasi pasar dan lingkungan permukiman memungkinkan pihak manajemen untuk mengadakan event-event tertentu seperti acara nonton bola bersama, nonton moto GP, nonton F1 bersama, mengadakan game-game berhadiah pada hari-hari peringata, dll

4.      Threats (ancaman)
a)      Pada saat liburan semester/hari libur , jumlah pengunjung akan berkurang secara signifika, karena pada pergi bertamasya.
b)      Banyaknya café-café yang ada di mall akan turut memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan café.
c)      Masih menganggap cafe adalah tempat mahal.
  
D.   Deskripsi Bisnis

            Saat ini menikmati kopi tidak hanya merupakan sekedar kebutuhan tetapi sudah menjurus ke arah gaya hidup yang banyak dijalani oleh para kaum muda maupun kalangan eksekutif. Trend ini kemudian ditangkap sebagai peluang bisnis bagi para pelaku bisnis cafe yang kemudian berlomba-lomba menyajikan sajian kopi yang mewah dan modern yang seolah tidak mau kalah dengan gerai kopi internasional yang semakin melebarkan sayap bisnisnya ke beberapa kota besar di indonesia.
            80% pasar kopi di indonesia dikuasai oleh jenis kopi robusta walaupun sebagian besar pasar kopi dunia malah dikuasai oleh jenis kopi arabika. Yang paling banyak disukai para pencinta kopi saat ini adalah sajian kopi ala cafe seperti cappucino, vanilla choco coffe, cream coffe smoothy, dll. Walaupun kita juga masih menemukan sajian murni kopi ala warung kopi jaman dulu.
            CAFERAI adalah konsep tempat untuk menikmati kopi sambil nongkrong para remaja, pelajar, dan juga para pekerja serta masyarakat umum. CAFERAI memanjakan lidah para pecinta coffe dengan rasa yang menggugah selera.
            CAFERAI di buka di lingkungan pasar dan pemukiman penduduk. Peluang membuka cafe dikawasan ini  adalah sangat terbuka karena selain mudah dijangkau buat remaja,  pelajar, dan juga para pekerja serta masyarakat umum  juga memberikan tempat untuk santai nongkrong. Elemen-elemen utama yang ditawarkan adalah :
a)      Kopi yang berkualitas tinggi, dengan resep dan biji kopi pilihan.
b)      Layanan konsumen yang prima.
c)      Lokasi cafe yang nyaman
Produk yang ditawarkan:
a)      Original coffe.
b)      Moccacino coffe.
c)      Capucino coffe.
d)     Coffe mix.
e)      Coffee only
Penjualan:
a)      Asumsi penjualan tahap awal adalah rata-rata 500 cup coffe/3 bulan pertama
b)      Buka Senin sampai Minggu ( 06:30-22:00) kecuali hari Jum’at (06:30-10:30)

E.   Rencana Produksi / Operasional

Perencanaan Lokasi dan Tata Letak

            Dalam perncanaan lokasi untuk menjalankan bisnis ini saya akan mencari tempat yang dimana tempat tersebut lebih dominan dari tempat yang lain. Buat gambar/denah lokasi dan lay out (tata letak) komponen alat dan alur proses produksinya, sehingga efisiensi alur proses produksi dari awal hingga akhir terlihat dengan jelas.

Proses Produksi
            Sebelum café di buka, belanja keperluan cafe dilakukan oleh saya sendir pada pukul 05.00 pagi, (jika sudah tidak ada stok barang). Merapikan dan menyimpan bahan baku pada tempatnya. Dua orang terdiri dari 2 karyawan  dan 1 pemilik menyiapkan makanan yang akan di olah dan membersihkan dapur.

                Operasional, Pada saat konsumen datang, pelayan menghampiri serta mengucapkan salam kepada pengunjung kemudian menanyakan terlebih dahulu kepada konsumen untuk makan di tempat atau dibawa pulang. Jika konsumen memesan untuk dibawa pulang, maka konsumen dapat memesan langsung ke pelayan dan apabila konsumen ingin makan di tempat konsumen dipersilahkan duduk kemudian diberikan daftar menu serta mencatat pesanan konsumen. Pelayan dengan senang hati akan meemberikan bantuan  kepada konsumen, jika ada yang kurang mengerti tentang menu-menu yang ada.

            Untuk pencatatan, nota terdiri dari kertas NRC rangkap 2 dimana nota tembusan oleh pelayan akan diberikan ke bagian dapur dan nota asli diberikan ke kasir untuk pembayaran. Bagian dapur dan kasir sama-sama memiliki bukti pesanan agar mudah dikontrol. Bila konsumen telah selesai menikmati hidangan dan ingin membayar, maka ia dapat memanggil pelayan untuk meminta nota pembayaran. Pelayan akan menunjukkan jumlah yang harus dibayar dari nota pesanan yang asli, dimana nota tersebut akan diberikan ke kasir dan kasir akan memberikan nota pembayaran lunas kepada konsumen. Konsumen juga dapat membayarnya langsung ke kasir. Pelayanan diatur sebaik mungkin, dimana setiap pesanan konsumen akan disajikan secepatnya sehingga tidak membuat konsumen menunggu terlalu lama. Pada saat tutup. Karyawan menyimpan bahan–bahan setengah jadi serta merapikan dan membersihkan meja kerja dan dapur, dll.

Inventaris Bisnis

a)      Gedung untuk ruangan cafe.
b)      Meja, Kursi, lemari.
c)      Kompor gas 3 unit.
d)     Kompor Listrik 1 unit.
e)      Perlatan memasak lainnya.
f)       Kulkas.
g)      Heater.

BAHAN BAKU

Bahan baku adalah semua bahan yang masuk ke dalam proses produksi secara langsung. Tanpa bahan baku usaha yang kita jalankan tidak dapat memproduksi apa yang biasanya kita produksi. Faktor yg mempengaruhi  supply bahan baku yaitu :
a)      Sediaan  bahan baku.
b)      Kualitas  bahan baku.
c)      Harga bahan baku.
d)     Transportasi bahan baku.
e)      Jalur pengadaan bahan baku.
f)       Faktor-faktor non ekonomis. 
g)      jaringan pasar
           
Perencanan bahan baku meliputi:
a)      Jenis bahan baku (langsung dan tidak langsung, atau bahan baku utama dan pendukung).
b)      Kuantitas bahan baku.
c)      Persediaan bahan baku.
d)     Kemungkinan penggunaan jenis bahan baku lain

F.    Rencana Pemasaran

Segmentasi Pasar
            CAFERAI diperuntukkan bagi para muda-mudi, yakni pelajar, pekerja kantor, tapi tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat umum yang membutuhkan tempat refreshing yang dapat sekaligus sebagai tempat  mengerjakan pekerjaan dengan suasana nyaman dan santai. CAFERAI ini dilengkapi dengan fasilitas beberapa paket menu makanan, live musik dan juga nonton bareng event-event pertandingan bola, motor GP dan F1 yang bosan menonton di rumah dan ingin menikmati suasana menonton yang berbeda dan lebih seru bersama teman-teman.

            Targeting
           
Target konsumen CAFERAI adalah para anak muda, umumnya pelajar dan mahasiswa, pekerja kantor, termasuk juga masyarakat umum.

            Positioning
           
CAFERAI menawarkan pilihan menu minuman dan makanan  yang istimewa, dengan bahan baku utama adalah kopi, selain itu juga dilengkapi dengan menu lainnya yang tidak kalah nikmat dengan harga yang terjangkau serta  pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan. 
            Strategi pemasaran perusahaan dilakukan berdasarkan analisa 7P dengan alat analisis SWOT yang terdiri atas :  
a)      Product (Produk)
            CAFERAI menyediakan berbagai produk minuman dan makanan dengan rasa serta menu istimewa lainnya seperti : aneka juz buah, minuman hangat  seperti coffe & chocolate dengan berbagai rasa, macam-macam ice cream & kue, serta makanan dari makanan berat hingga ke cemilan.

b)      Price (Harga)
            Penentuan harga dari CAFERAI ditentukan dengan menyesuaikan biaya-biaya yang akan dikeluarkan serta ditekan sedemikian rupa dan juga disesuaikan dengan tingkat kemampuan rata-rata konsumen yang menjadi target pasar kami, sehingga harganya dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Harga setiap produk pun bervariasi yaitu sebagai berikut: 
ü  Untuk minuman Coffee, berkisar antara : Rp. 3 rb – 6 rb / cangkir.
ü  Untuk minuman Chocolate, berkisar antara : Rp. 4 rb - 7 rb/ cangkir.
ü  Untuk minuman Juz Buah, berkisar antara : Rp. 5 rb - 7 rb /gelas.
ü  Harga Cake/Tart per porsi berkisar antara : Rp. 7 rb - 10 rb /porsi.
ü  Harga Ice Cream, berkisar antara : Rp. 4 rb -10 rb /gelas.
ü  Harga Nasi goreng, dll : Rp. 9 rb -15 rb /porsi

c)      Promotion (Promosi)
            Langkah – langkah promosi untuk memperkenalkan cafe ini  dilakukan dengan cara :
a)      Menyebarkan brosur ke kantor,pasar, sekolah dan kampus serta tempat berkumpul.
b)      Melalui iklan di surat kabar dan radio.
c)      Melalui baliho dan poster-poster.

 Pengembangan Produk

a)    Memodifikasi produk Untuk kembangkan peluang Usaha Cafe

     Untuk mengembangkan usaha Cafe saya salah satu yang harus dilakukan adalah memodifikasi produk dan pelayanan yang ditawarkan oleh cafe saya. Ingat, memodifikasi produk yang sudah ada lebih baik daripada harus mengeluarkan produk atau layanan baru yang memakan waktu untuk riset dan testing pasar. Di peluang usaha Cafe yang Anda garap siapa saja pemainnya dan apa fitur atau keunggulan dan kekurangan produk dan layanan mereka. Kemudian pelajari juga trend yang ada saat ini, misalnya tren warna, isu dan lain-lain. Satu saran juga untuk Anda adalah perhitungkan biaya untuk memodifikasi, modifikasi produk tak perlu berbiaya mahal. Ingat tujuan Anda adalah menambah keunikan dan nilai tambah bukan menjadikan produk atau layanan Anda lebih mahal.

b)    Membundling produk Untuk kembangkan peluang Usaha Cafe

     Jika pada poin pertama telah dibahas bagaimana mengembangkan peluang usaha dengan memodifikasi produk, pilihan kedua adalah bundling produk. Apa itu bundling produk ? simplenya anda akan menjual produk A dan produk B dengan harga paketan. Atau jika telah membeli produk A maka produk B dapat dibeli dengan harga lebih murah. Contohnya misalnya bundling produk antara kopi dan juz misalnya, untuk setiap pembelian kopi tertentu mendapatkan bonus berupa juz.

c)    Buat nama produk yang unik

     Apakah nama produk mempengaruhi peluang usaha yang kita jalankan ? Nama produk yang unik tak jarang membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Apalah arti sebuah nama ? penamaan produk yang unik akan meudahkan market mengingat apa yang kita tawarkan. Nama / brand yang unik harus dipikirkan agar konsumen mudah mengingat produk yang Anda tawarkan. Akan lebih bagus lagi jika nama produk yang Anda tawarkan mengandung arti tertentu. Peluang usaha harus digarap dengan maksimal dengan brand/ nama produk yang juga maksimal

d)   Bekerjasama dengan komunitas

     Community marketing dikatakan oleh para ahli menjadi strategi pemasaran ampuh selama beberapa tahun ke depan, mengingat manusia khususnya di Indonesia sangat senang membuat komunitas dan melakukan aktivitas bersama. Peluang usaha yang Anda garap dapat memanfaatkan momentum ini untuk melakukan kerjasama dengan komunitas. Nah bagi Anda yang sedang mengenbangkan peluang usaha cafe anda boleh menawarkan voucher atau layanan tertentu dan khusus untuk komunitas di kota Anda.
            Jumlah anggota komunitas yang banyak, selain itu kekuatan mereka untuk menyebarkan info produk / layanan anda menjadi alasan melakukan kerjasama dengan komunitas untuk mengembangkan peluang usaha Anda.
e)    Promosi dengan social media

     Menggunakan social media untuk mengembangkan peluang usaha jadi alternatif utama di tengah mahalnya biaya iklan di media konvensional. Selain itu channel social media dapat dikelola sendiri oleh Anda. Perlu Anda ketahui pengguna social media di Indonesia sangat banyak dan aktif, di twitter misalnya indonesia sering menyumbang trending topic dunia untuk berbagai isu. Adapun facebok telah menjangkau hingga pelosok desa karena banyaknya handphone murah sehingga semakin banyak yang bisa mengakses internet. Banyak orang menggunakan social media untuk mengembangkan peluang usaha yang mereka tekuni. Dengan social media anda dapat mempromosikan produk atau layanan Anda secara gratis dan langsung menyentuh konsumen yang Anda sasar.

G.  Perencanaan Organisasi

Struktur Organisasi

            Bentuk kepemilikan cafe ini yaitu secara perorangan. Dalam menjalankan bisnis, maka dibutuhkan beberapa tenaga kerja agar dapat beroperasi dengan baik. Oleh karena itu manejer atau pemilik CAFRAI  telah menyusun suatu struktur organisasi yang diharapkan dapat menunjang bisnis yang akan dilaksamakan. Yang terdiri dari :
a)      Manager 1 orang
b)      Pelayan 1 orang
c)      Kasir 1 orang

Analisis Jabatan
            Untuk menjelaskan masing-masing jabatan dalam struktur organisasi, maka diperlukan suatu uraian pekerjaan sebagai berikut :

a)      Nama Jabatan : Pemilik Usaha merangkap Manager sekaligus.
 Hubungan Organisasi : Dengan karyawan.
Ringkasan Pekerjaan   : Pemilik usaha adalah pengendali dan pembuat keputusan tertinggi yang menyangkut kelangsungan hidup perusahaan
        Tugas dan tanggung jawab :
ü  Membuat perencanaan, strategi, dan kebijakan yang menyangkut operasional perusahaan. 
ü  Menyusun anggaran perusahaan dan program kerja. 
ü  Menjamin operasional CAFERAI secara hukum. 
ü  Melakukan kontrol secara keseluruhan atas operasional CAFERAI. 
ü  Memegang kendali atas keputusan penting yang bersifat umum atau berkaitan dengan masalah regulasi dan finansial. 
ü  Bertanggung jawab dalam memajukan usaha. 
ü  Memegang kunci master seluruh ruangan CAFERAI.
ü  Menetapkan standar gaji yang diterima oleh pegawai. 
ü  Bertanggung jawab secara hukum atas seluruh kegiatan perusahaan.
ü  Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang menyangkut keuangan perusahaan baik operasional sehari-hari ataupun kebutuhan yang bersifat tidak terjadwal. 
ü  Memanage dan menganalisis laporan keuangan harian, mingguan dan per periode akuntansi. 
ü  Melatih, mengembangkan dan mengkoordinir karyawan agar dapat memenuhi standar perusahaan dalam beroperasi dan melayani pelanggan. 
ü  Memastikan semua prosedur dan standar serta kebijakan perusaaan telah dikomunikasikan secara efektif kepada seluruh karyawan serta dijaga dan diikuti secara konsisten. 
ü  Mengawasi secara umum kegiatan operasional perusahaan. 
ü  Berwenang mengatasi masalah yang berhubungan dengan penggunaan dana.

b)      Nama Jabatan : Pelayan
Hubungan Organisasi  : Bertanggung jawab kepada koki, barista dan manajer.
Ringkasan Pekerjaan  : Menyajikan makanan dan minuman kepada pelanggan
         Tugas dan tanggung jawab :
ü  Bertugas melayani keinginan tamu. 
ü  Bertugas sekaligus sebagai cleaning service (mengangkat dan mencuci peralatan makan yangtelah digunakan, serta membersihkan areal usaha). 
ü  Bertugas menata kembali meja yang telah digunakan.

c)      Nama Jabatan : Kasir
Hubungan Organisasi  : Bertanggung jawab kepada manajer.
Ringkasan Pekerjaan   : Bertanggung jawab terhadap transaksi keuangan sehari-hari.

H.  Resiko

            Untuk resiko dalam bisnis ini tidak terlalu besar karena bahan-bahan yang belum di pakai bisa disimpan kembali dikarenakan untuk penghematan. Untuk tekonologi sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu jikalu teknologi itu sudah diperlukan maka saya akan membeli teknologi tersebut menggunakan uang kas perusahaan.

I.      Perencanaan Keuangan

v Gedung untuk ruangan cafe.                                      Rp    20.000.000
v Kursi, meja, lemari                                                    Rp    15.000.000
v Kompor gas 3 unit                                                     Rp      1.000.000
v Kompor Listrik 1 unit                                                Rp        800.000
v Peralatan memasak lainnya                                       Rp      2.000.000
v Kulkas                                                                       Rp      1.500.000
v Heater                                                                        Rp         750.000
lain-lain                                                                     Rp      1.000.000 +
Total                                                                         Rp   42.050.000
1.    Modal Kerja (Pembelian Kopi, roti, dll)            Rp.     8.550.000+
Grand Total               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar