|
Oleh :
|
Toto
Krisdayanto NIM
: 36.2015.4.2.0909
|
PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN KAMPUS
MANTINGAN UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR PERIODE
2016
Kata Pengantar
Puji dan syukur penulis ucapkan
kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat
menyelesaikan proposal kewirausahaan ini tepat pada waktunya. Tak
lupa shalawat berangkaikan salam penulis hadiahkan kepada junjungan kita
Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman
kebodohan menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
Adapun maksud dan tujuan penyusunan
proposal ini adalah untuk memenuhi tugas Business Plan yang di ampu oleh Ahmad
Suyanto S.Ag. Adapun penulis membuat
proposal Caferai “Cafe Saburai” ini, karena bisnis ini belum populer di
masyarakat daerah saya.
Segala
sesuatu yang salah datangnya dari manusia yaitu saya sendiri sedangkan segala
sesuatu yang benar datangnya hanya dari Allah SWT. Saya menyadari bahwa
proposal ini masih jauh dari sempurna, masih banyak hal yang kurang dalam
penulisan proposal ini. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran
yang membangun agar saya dapat memperbaikinya.
Harapan saya, semoga proposal ini
dapat bermanfaat dan menjadi sumber ilmu yang baru bagi kita semua. Amin.
Mantingan, April 2016
_____________________ Toto Krisdayanto
Pendahuluan
CAFERAI “Cafe Saburai” ini rencananya akan saya
dirikan di daerah saya yang bertepatan di jalan poros rawajitu timur, &
secara keseluruhan dipegang oleh Toto Krisdayanto selaku pemilik.
CAFERAI “Cafe Saburai” adalah
sebuah cafe atau warung yang di desain simple namun nyaman. Dicafe ini nilai
yang paling ditonjolkan adalah kenyaman. Karena selain sebagai tempat
nongkrong, cafe ini menyediakan fasilitas yang tujuannya untuk istirahat
seperti : Pohon yang rindang, tempat lesehan atau pun berkursi, tv, full music,
koran, dan yang tentunya menu makanan ringan, minuman, cemilan adalah fasilitas
dan produk yang ditawarkan di cafe ini. Cafe ini bisa jadi sarana tempat
istirahat sementara bagi para pekerja yang punya jeda waktu istirahat, ataupun
untuk para remaja menghabiskan waktu kosong. Konsep cafe ini sengaja dibuat tak
semewah cafe yang lainnya karena ingin menunjukkan kesan hommy,
sehingga pengunjung dapat betah berlama-lama berada di cafe. Cemilan yang
tersedia disini banyak mulai dari berbagai macam gorengan dan gorengan bakar,
jajanan kering (makroni, stik keju,dll) sampai pancake ataupun sereal.
Tak perlu khawatir kehabisan cemilan karena disini pengunjung bisa beli cemilan
kering secara ons sesuai permintaan atau membeli yang sudah terbungkus rapih. Makanan
yang disajikan disini juga beragam dari cat rice (nasi kucing),
nasi goreng, sampai masakan rumahan yang bisa dipesan sesuai menu harian.
Sedangakan menu minuman seperi cafe lainnya berbagai jenis kopi ataupun aneka
minuman lainnya ada disini. Berbagai produk dan fasilitas yang diberikan
disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan konsumen.
A. Latar Belakang
Keadaan perekonomian yang tidak
pasti di negara berkembang seperti Indonesia ini membuat mata pencaharian
masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat untuk lebih kreatif lagi
dalam membuka lapangan usaha atau membuka usaha sendiri untuk
melangsungkan hidupnya sehingga pengangguran tidak terlalu meningkat. Berbeda
dengan di negara-negara maju dimana masyarakat seperti kurang waktu untuk
menyesaikan semua pekerjaannya. Kesibukan aktivitas yang begitu padat kadang
membuat orang menjadi stress untuk berfikir lebih jernih dan tenang. Sehingga
diperlukan tempat-tempat yang begitu tenang dan nyaman untuk menghapus semua
kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Sehingga muncullah sebuah ide saya untuk
mendirikan sebuah CAFERAI “Cafe Saburai” seperti apa yang diinginkan pelanggan.
Segmen
pasar yang diutamakan ialah para remaja, pelajar dan pekerja, dan masyarakat
umum. Competitive advantage (keunggulan kompetitif) dalam
usaha ini adalah differentiation maksudnya yaitu usaha ini merupakan
usaha yang berbeda dari jenis usaha cafe lainnya karena fokus usaha ini adalah
pada tempat hiburan nongkrong, live music, nobar (nonton bareng), dll. Segmen
pasar dari usaha ini berbeda dari usaha yang sudah ada sehingga pesaing
di usaha ini masih sedikit. Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung menu-menu
yang variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian menu yang
variatif dan unik. Dengan berbagai jenis minuman yang menjadi menu spesial CAFERAI
ini. Tidak hanya itu di CAFERAI ini juga menyediakan berbagai jenis makanan
ringan dan juga ice cream. Dengan berbagai kelebihan CAFERAI ini, tentu Anda
tak perlu ragu lagi untuk dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan
hidangan yang lezat. Sudah dipastikan menu-menu yang akan Anda nikmati
mempunyai rasa standar kelezatan yang sama bila diolah oleh karyawan yang
berbeda, karena CAFERAI ini mempunyai standart recipes (resep standar) dalam
setiap makanan yang dibuat. Untuk dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang
variatif ini, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena menu-menu ini
sangat relatif terjangkau.
Konsep yang akan saya terapkan
adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern sesuai dengan perkembangan
zaman. Perpaduan antara tradisional dan modern serta desainnya yang minimalis,
tampak dari beberapa bangku klasik modern yang mengesankan suasana khas
tradisonal modern. Diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik
perhatian pelanggan untuk menikmati suasana CAFERAI ini. Kemudian CAFERAI ini
juga menyediakan sebuah LCD Projector untuk menonton event-event
pertandingan bola, motor GP, F1, dan event-event lainnya. Ini dapat menarik
pelanggan yang bosan menonton di rumah dan ingin menikmati suasana menonton
yang berbeda dan lebih seru bersama teman-teman. Di CAFERAI ini terdapat
dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking jadi pengunjung
dapat memilihnya. Dengan demikian jika seseorang lebih berfikir kreatif dan
inovatif dapat menciptakan peluang usaha yang baru.
Tujuan dari bisnis ini adalah selain
untuk mencari keuntungan, juga untuk memanfaatkan potensi yang ada. Karena biji
kopi yang berkualitas juga banyak terdapat di Negara kita, sehingga produksi
dari biji kopi tersedia cukup banyak dan memiliki potensi yang sangat besar
untuk dimanfaatkan guna memperoleh nilai ekonomi yang sangat tinggi. Selain itu
dengan membuka bisnis ini juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di
sekitarnya.
B.
Visi dan Misi
VISI
Menjadikan
CAFERAI sebagai cafe brand life style terdepan di Indonesia dengan nuansa
tradisional bercampur modern.
MISI
1.
Menyediakan
coffee yang berkualitas
2.
Menyediakan
tempat yang nyaman untuk berkumpul dan bersantai
3.
Menempatkan
pelanggan sebagai prioritas
4.
Memberikan
pelayanan yang prima dan unggul dalam penyajian
C.
Analisis Industri
Kopi
adalah bagian tak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Setiap kali kita bertamu,
pertanyaan yang sering muncul adalah: “Mau minum kopi atau teh?” Pada setiap
ronde catur dan gaplek,
selalu ada beberapa cangkir kopi yang setia menemani para pemainnya. Karenanya,
bisnis kopi pun berkembang dengan pesat di Indonesia: kopi saset yang bisa
ditemukan di mana saja, warung kecil yang selalu bisa menyeduhnya, roaster
lokal tanpa merek yang ada di pasar-pasar tradisional, dan bahkan ia menjadi menu wajib yang ada di setiap
warung nasi maupun warung mie, bahkan restoran sekalipun.
Perspektif
Masa Depan Usaha
Dengan melihat peluang
yang ada saat ini, bila usaha ini dilanjutkan. Maka di harapkan
akan memiliki prospek yang baik untuk ke-depannya,
mengingat usaha ini belum memiliki saingan yang berarti di daerah tempat saya
akan berdagang dalam bidang cafe ini. Namun, untuk memberikan pelayanan
yang lebih memuaskan kepada pelanggan, dibutuhkan adanya penambahan
fasilitas-fasilitas yang bisa memuaskan pelanggan.
Analisi
Persaingan Usaha
Pilihan lokasi dan wilayah cafe adalah dengan kriteria pasar dengan
lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah dijangkau dan terlibat dari jarak
yang cukup jauh. Pilihannya adalah dikawasan pasar rawajitu sebagai pusat
berkumpulnya banyak orang di daerah saya sendiri. Dan dalam waktu jangka
panjang akan menambah lokasi dan membuka cabang di wilayah lainnya.
Walaupun pada saat sekarang jarang
orang yang membuka cafe, itu bahkan tidak berpengaruh sama sekali, karena
tempat yang kita pilih sangat menjanjikan untuk berbisnis, karena daerah
tersebut sangat strategis dan memang daerah keramaian, otomatis pelajar maupun
masyarakat terpojok untuk bebelanja di cafe kita. Selain jauh dari segi waktu
dan jarak tempuh, harga yang kita cocokkan masih bisa bersaing dengan harga
pasar, dan kami pastikan kualitas pelayanan yang terbaik untuk kepuasan
pelanggan.
1. Strength (kekuatan)
a)
Cafe dengan menu yang
harganya sesuai kantong para remaja, pelajar, dan para pekerja.
b)
Tempat dan situasi café
yang nyaman dengan 2 pilihan yaitu : ruangan area bebas dari rokok &
ruangan bebas untuk merokok.
c)
Lokasi tempat di daerah
pasar.
d)
Menghadirkan menu
kucingan dengan trempat cafe yang sederhana tapi nyaman.
e)
Dilengkapi dengan
fasilitas tv, full music, koran, serta LCD Projector
untuk menonton event-event pertandingan bola, motor GP, F1, dan event-event
lainnya.
f)
Menyediakan berbagai
cemilan mulai dari gorfengan, pancake sampai berbagai jenis makanan kering
2.
Weakness (kekurangan)
a)
Dana yang dibutuhkan untuk pengadaan sarana dan prasarana cukup besar.
b)
Pada awal pembukaan
perlu promosi ekstra.
c)
Lokasi di kawasan
daerah selalu dilalui kendaraan.
3. Opportunity (kesempatan)
a)
Di kawasan daerah saya
belum banyak cafe yang berdiri.
b)
Bisa bekerjasama dengan
warung kucingan.
c)
Karena berada di lokasi pasar dan lingkungan permukiman memungkinkan pihak manajemen untuk mengadakan
event-event tertentu seperti acara nonton bola bersama, nonton moto GP, nonton
F1 bersama, mengadakan game-game berhadiah pada hari-hari peringata, dll
4. Threats (ancaman)
a)
Pada saat liburan semester/hari libur , jumlah pengunjung akan berkurang
secara signifika, karena pada pergi bertamasya.
b)
Banyaknya café-café yang ada di mall akan turut memberikan pengaruh
terhadap pertumbuhan café.
c)
Masih menganggap cafe
adalah tempat mahal.
D.
Deskripsi Bisnis
Saat ini menikmati kopi tidak hanya
merupakan sekedar kebutuhan tetapi sudah menjurus ke arah gaya hidup yang
banyak dijalani oleh para kaum muda maupun kalangan eksekutif. Trend ini
kemudian ditangkap sebagai peluang bisnis bagi para pelaku bisnis cafe yang
kemudian berlomba-lomba menyajikan sajian kopi yang mewah dan modern yang
seolah tidak mau kalah dengan gerai kopi internasional yang semakin melebarkan
sayap bisnisnya ke beberapa kota besar di indonesia.
80% pasar kopi di indonesia dikuasai
oleh jenis kopi robusta walaupun sebagian besar pasar kopi dunia malah dikuasai
oleh jenis kopi arabika. Yang paling banyak disukai para pencinta kopi saat ini
adalah sajian kopi ala cafe seperti cappucino, vanilla choco coffe, cream coffe
smoothy, dll. Walaupun kita juga masih menemukan sajian murni kopi ala warung
kopi jaman dulu.
CAFERAI adalah konsep tempat untuk
menikmati kopi sambil nongkrong para remaja, pelajar, dan juga para pekerja
serta masyarakat umum. CAFERAI memanjakan lidah para pecinta coffe dengan rasa
yang menggugah selera.
CAFERAI di buka di lingkungan pasar
dan pemukiman penduduk. Peluang membuka cafe dikawasan ini adalah sangat
terbuka karena selain mudah dijangkau buat remaja, pelajar, dan juga para pekerja serta
masyarakat umum juga memberikan tempat
untuk santai nongkrong. Elemen-elemen utama yang ditawarkan adalah :
a)
Kopi
yang berkualitas tinggi, dengan resep dan biji kopi pilihan.
b)
Layanan
konsumen yang prima.
c)
Lokasi
cafe yang nyaman
Produk yang ditawarkan:
a)
Original
coffe.
b)
Moccacino
coffe.
c)
Capucino
coffe.
d)
Coffe
mix.
e)
Coffee
only
Penjualan:
a)
Asumsi
penjualan tahap awal adalah rata-rata 500 cup coffe/3 bulan pertama
b)
Buka
Senin sampai Minggu ( 06:30-22:00) kecuali hari Jum’at (06:30-10:30)
E.
Rencana Produksi / Operasional
Perencanaan Lokasi dan Tata Letak
Dalam perncanaan lokasi untuk menjalankan bisnis ini saya
akan mencari tempat yang dimana tempat tersebut lebih dominan dari tempat yang
lain. Buat gambar/denah lokasi dan lay out (tata letak) komponen alat dan alur
proses produksinya, sehingga efisiensi alur proses produksi dari awal hingga
akhir terlihat dengan jelas.
Proses Produksi
Sebelum
café di buka, belanja keperluan cafe dilakukan oleh saya sendir pada pukul 05.00
pagi, (jika sudah tidak ada stok barang). Merapikan dan menyimpan bahan baku
pada tempatnya. Dua orang terdiri dari 2 karyawan dan 1 pemilik
menyiapkan makanan yang akan di olah dan membersihkan dapur.
Operasional, Pada saat
konsumen datang, pelayan menghampiri serta mengucapkan salam kepada pengunjung
kemudian menanyakan terlebih dahulu kepada konsumen untuk makan di tempat atau
dibawa pulang. Jika konsumen memesan untuk dibawa pulang, maka konsumen dapat
memesan langsung ke pelayan dan apabila konsumen ingin makan di tempat konsumen
dipersilahkan duduk kemudian diberikan daftar menu serta mencatat pesanan
konsumen. Pelayan dengan senang hati akan meemberikan bantuan kepada
konsumen, jika ada yang kurang mengerti tentang menu-menu yang ada.
Untuk
pencatatan, nota terdiri dari kertas NRC rangkap 2 dimana nota tembusan oleh
pelayan akan diberikan ke bagian dapur dan nota asli diberikan ke kasir untuk
pembayaran. Bagian dapur dan kasir sama-sama memiliki bukti pesanan agar mudah
dikontrol. Bila konsumen telah selesai menikmati hidangan dan ingin membayar, maka ia
dapat memanggil pelayan untuk meminta nota pembayaran. Pelayan akan menunjukkan
jumlah yang harus dibayar dari nota pesanan yang asli, dimana nota tersebut
akan diberikan ke kasir dan kasir akan memberikan nota pembayaran lunas kepada
konsumen. Konsumen juga dapat membayarnya langsung ke kasir. Pelayanan diatur
sebaik mungkin, dimana setiap pesanan konsumen akan disajikan secepatnya
sehingga tidak membuat konsumen menunggu terlalu lama. Pada saat tutup.
Karyawan menyimpan bahan–bahan setengah jadi serta merapikan dan membersihkan
meja kerja dan dapur, dll.
Inventaris Bisnis
a)
Gedung
untuk ruangan cafe.
b)
Meja,
Kursi, lemari.
c)
Kompor
gas 3 unit.
d)
Kompor
Listrik 1 unit.
e)
Perlatan
memasak lainnya.
f)
Kulkas.
g)
Heater.
BAHAN BAKU
Bahan baku adalah semua bahan
yang masuk ke dalam proses produksi secara langsung. Tanpa bahan baku usaha
yang kita jalankan tidak dapat memproduksi apa yang biasanya kita produksi. Faktor
yg mempengaruhi supply bahan baku yaitu :
a) Sediaan bahan baku.
b) Kualitas bahan baku.
c) Harga bahan baku.
d) Transportasi bahan baku.
e) Jalur pengadaan bahan baku.
f) Faktor-faktor non ekonomis.
g) jaringan pasar
Perencanan bahan baku meliputi:
a) Jenis bahan baku (langsung dan tidak langsung, atau bahan baku utama dan
pendukung).
b) Kuantitas bahan baku.
c) Persediaan bahan baku.
d) Kemungkinan penggunaan jenis bahan baku lain
F. Rencana Pemasaran
Segmentasi
Pasar
CAFERAI diperuntukkan bagi
para muda-mudi, yakni pelajar, pekerja kantor, tapi tidak menutup kemungkinan
untuk masyarakat umum yang membutuhkan tempat refreshing yang dapat sekaligus
sebagai tempat mengerjakan pekerjaan dengan suasana nyaman dan
santai. CAFERAI ini dilengkapi dengan fasilitas beberapa paket menu
makanan, live musik dan juga nonton bareng event-event pertandingan bola, motor
GP dan F1 yang bosan menonton di rumah dan ingin menikmati suasana menonton
yang berbeda dan lebih seru bersama teman-teman.
Targeting
Target konsumen CAFERAI adalah para anak muda, umumnya pelajar dan mahasiswa, pekerja kantor, termasuk juga masyarakat umum.
Positioning
CAFERAI menawarkan pilihan menu minuman dan makanan yang istimewa, dengan bahan baku utama adalah kopi, selain itu juga dilengkapi dengan menu lainnya yang tidak kalah nikmat dengan harga yang terjangkau serta pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
Strategi pemasaran perusahaan
dilakukan berdasarkan analisa 7P dengan alat analisis SWOT yang terdiri atas :
a)
Product
(Produk)
CAFERAI menyediakan
berbagai produk minuman dan makanan dengan rasa serta menu istimewa lainnya
seperti : aneka juz buah, minuman hangat seperti coffe &
chocolate dengan berbagai rasa, macam-macam ice cream & kue, serta makanan
dari makanan berat hingga ke cemilan.
b)
Price
(Harga)
Penentuan
harga dari CAFERAI ditentukan dengan menyesuaikan biaya-biaya yang akan
dikeluarkan serta ditekan sedemikian rupa dan juga disesuaikan dengan tingkat
kemampuan rata-rata konsumen yang menjadi target pasar kami, sehingga harganya
dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Harga setiap produk pun
bervariasi yaitu sebagai berikut:
ü Untuk minuman Coffee, berkisar antara : Rp. 3 rb – 6 rb /
cangkir.
ü Untuk minuman Chocolate, berkisar antara : Rp. 4 rb -
7 rb/ cangkir.
ü Untuk minuman Juz Buah, berkisar antara : Rp. 5 rb -
7 rb /gelas.
ü Harga Cake/Tart per porsi berkisar antara :
Rp. 7 rb - 10 rb /porsi.
ü Harga Ice Cream, berkisar antara : Rp. 4 rb -10 rb
/gelas.
ü Harga Nasi goreng, dll : Rp. 9 rb -15 rb /porsi
c)
Promotion
(Promosi)
Langkah – langkah
promosi untuk memperkenalkan cafe ini dilakukan dengan cara :
a)
Menyebarkan
brosur ke kantor,pasar, sekolah dan kampus serta tempat berkumpul.
b)
Melalui
iklan di surat kabar dan radio.
c)
Melalui
baliho dan poster-poster.
Pengembangan Produk
a)
Memodifikasi
produk Untuk kembangkan peluang Usaha Cafe
Untuk mengembangkan usaha Cafe saya salah satu yang harus dilakukan adalah memodifikasi produk dan pelayanan yang ditawarkan oleh cafe saya. Ingat, memodifikasi produk yang sudah ada lebih baik daripada harus mengeluarkan produk atau layanan baru yang memakan waktu untuk riset dan testing pasar. Di peluang usaha Cafe yang Anda garap siapa saja pemainnya dan apa fitur atau keunggulan dan kekurangan produk dan layanan mereka. Kemudian pelajari juga trend yang ada saat ini, misalnya tren warna, isu dan lain-lain. Satu saran juga untuk Anda adalah perhitungkan biaya untuk memodifikasi, modifikasi produk tak perlu berbiaya mahal. Ingat tujuan Anda adalah menambah keunikan dan nilai tambah bukan menjadikan produk atau layanan Anda lebih mahal.
b)
Membundling
produk Untuk kembangkan peluang Usaha Cafe
Jika pada poin pertama telah dibahas bagaimana mengembangkan peluang usaha dengan memodifikasi produk, pilihan kedua adalah bundling produk. Apa itu bundling produk ? simplenya anda akan menjual produk A dan produk B dengan harga paketan. Atau jika telah membeli produk A maka produk B dapat dibeli dengan harga lebih murah. Contohnya misalnya bundling produk antara kopi dan juz misalnya, untuk setiap pembelian kopi tertentu mendapatkan bonus berupa juz.
c)
Buat
nama produk yang unik
Apakah nama produk mempengaruhi peluang usaha yang kita jalankan ? Nama produk yang unik tak jarang membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Apalah arti sebuah nama ? penamaan produk yang unik akan meudahkan market mengingat apa yang kita tawarkan. Nama / brand yang unik harus dipikirkan agar konsumen mudah mengingat produk yang Anda tawarkan. Akan lebih bagus lagi jika nama produk yang Anda tawarkan mengandung arti tertentu. Peluang usaha harus digarap dengan maksimal dengan brand/ nama produk yang juga maksimal
d)
Bekerjasama
dengan komunitas
Community marketing dikatakan oleh para ahli menjadi strategi pemasaran ampuh selama beberapa tahun ke depan, mengingat manusia khususnya di Indonesia sangat senang membuat komunitas dan melakukan aktivitas bersama. Peluang usaha yang Anda garap dapat memanfaatkan momentum ini untuk melakukan kerjasama dengan komunitas. Nah bagi Anda yang sedang mengenbangkan peluang usaha cafe anda boleh menawarkan voucher atau layanan tertentu dan khusus untuk komunitas di kota Anda.
Jumlah anggota
komunitas yang banyak, selain itu kekuatan mereka untuk menyebarkan info produk
/ layanan anda menjadi alasan melakukan kerjasama dengan komunitas untuk
mengembangkan peluang usaha Anda.
e)
Promosi
dengan social media
Menggunakan social media untuk mengembangkan peluang usaha jadi alternatif utama di tengah mahalnya biaya iklan di media konvensional. Selain itu channel social media dapat dikelola sendiri oleh Anda. Perlu Anda ketahui pengguna social media di Indonesia sangat banyak dan aktif, di twitter misalnya indonesia sering menyumbang trending topic dunia untuk berbagai isu. Adapun facebok telah menjangkau hingga pelosok desa karena banyaknya handphone murah sehingga semakin banyak yang bisa mengakses internet. Banyak orang menggunakan social media untuk mengembangkan peluang usaha yang mereka tekuni. Dengan social media anda dapat mempromosikan produk atau layanan Anda secara gratis dan langsung menyentuh konsumen yang Anda sasar.
G. Perencanaan Organisasi
Struktur
Organisasi
Bentuk kepemilikan cafe ini yaitu secara perorangan. Dalam menjalankan bisnis, maka dibutuhkan beberapa tenaga kerja agar dapat beroperasi dengan baik. Oleh karena itu manejer atau pemilik CAFRAI telah menyusun suatu struktur organisasi yang diharapkan dapat menunjang bisnis yang akan dilaksamakan. Yang terdiri dari :
a)
Manager
1 orang
b)
Pelayan
1 orang
c)
Kasir
1 orang
Analisis Jabatan
Untuk
menjelaskan masing-masing jabatan dalam struktur organisasi, maka diperlukan suatu
uraian pekerjaan sebagai berikut :
a)
Nama
Jabatan : Pemilik Usaha merangkap Manager sekaligus.
Hubungan Organisasi : Dengan karyawan. Ringkasan Pekerjaan : Pemilik usaha adalah pengendali dan pembuat keputusan tertinggi yang menyangkut kelangsungan hidup perusahaan
Tugas dan tanggung jawab :
ü Membuat perencanaan, strategi, dan kebijakan yang menyangkut
operasional perusahaan.
ü Menyusun anggaran perusahaan dan program kerja.
ü Menjamin operasional CAFERAI secara hukum.
ü Melakukan kontrol secara keseluruhan atas operasional CAFERAI.
ü Memegang kendali atas keputusan penting yang bersifat umum atau
berkaitan dengan masalah regulasi dan finansial.
ü Bertanggung jawab dalam memajukan usaha.
ü Memegang kunci master seluruh ruangan CAFERAI.
ü Menetapkan standar gaji yang diterima oleh pegawai.
ü Bertanggung jawab secara hukum atas seluruh kegiatan perusahaan.
ü Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang menyangkut keuangan
perusahaan baik operasional sehari-hari ataupun kebutuhan yang bersifat tidak
terjadwal.
ü Memanage dan menganalisis laporan keuangan harian,
mingguan dan per periode akuntansi.
ü Melatih, mengembangkan dan mengkoordinir karyawan agar
dapat memenuhi standar perusahaan dalam beroperasi dan melayani
pelanggan.
ü Memastikan semua prosedur dan standar serta kebijakan perusaaan
telah dikomunikasikan secara efektif kepada seluruh karyawan serta dijaga dan
diikuti secara konsisten.
ü Mengawasi secara umum kegiatan operasional perusahaan.
ü Berwenang mengatasi masalah yang berhubungan dengan penggunaan
dana.
b)
Nama
Jabatan : Pelayan
Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada koki, barista dan manajer. Ringkasan Pekerjaan : Menyajikan makanan dan minuman kepada pelanggan
Tugas dan tanggung jawab :
ü Bertugas melayani keinginan tamu.
ü Bertugas sekaligus sebagai cleaning service (mengangkat
dan mencuci peralatan makan yangtelah digunakan, serta membersihkan areal
usaha).
ü Bertugas menata kembali meja yang telah digunakan.
c)
Nama
Jabatan : Kasir
Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada manajer. Ringkasan Pekerjaan : Bertanggung jawab terhadap transaksi keuangan sehari-hari.
H.
Resiko
Untuk
resiko dalam bisnis ini tidak terlalu besar karena bahan-bahan yang belum di
pakai bisa disimpan kembali dikarenakan untuk penghematan. Untuk tekonologi
sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu jikalu teknologi itu
sudah diperlukan maka saya akan membeli teknologi tersebut menggunakan uang kas
perusahaan.
I.
Perencanaan Keuangan
v Gedung untuk ruangan cafe. Rp 20.000.000
v Kursi, meja, lemari
Rp 15.000.000
v Kompor gas 3
unit
Rp
1.000.000
v Kompor Listrik 1
unit
Rp 800.000
v Peralatan memasak
lainnya
Rp 2.000.000
v Kulkas
Rp 1.500.000
v Heater
Rp 750.000
lain-lain
Rp 1.000.000 +
Total Rp 42.050.000 1. Modal Kerja (Pembelian Kopi, roti, dll) Rp. 8.550.000+ Grand Total |
Bersama membagi pengetahuan yang bermanfaat untuk kejayaan ilmu pengetahuan
Anda Pengunjung ke....
117107117107
Minggu, 17 April 2016
Contoh Business Plan Caferai (Cafe Saburai)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar