Anda Pengunjung ke....

Sabtu, 16 April 2016

Contoh Laporan Company Visit

LAPORAN

PROGRAM COMPANY VISIT




Oleh:
Toto Krisdayanto
NIM : 36.2015.4.2.0909


PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
PERIODE 2016


Kata Pengantar

            Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Company Visit yang diadakan pada tanggal 17 maret 2016 di PT. Amerta Indah Otsuka, Kejayan - Jawa Timur & Kusuma Agrowisata, Batu-Malang – Jawa Timur ini dapat terselesaikan dengan baik.
            Laporan ini disusun oleh saya sendiri. Seluruh isi laporan ini disusun berdasarkan data yang di peroleh pada kegiatan di tempat industri & di dukung pula oleh data-data yang ada internet.
            Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan Company Visit ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharap kritik dan saran yang dapat membangun motivasi kami agar dapat menjadi lebih baik dan lebih maju untuk masa yang akan datang.
            Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, Oleh karena itu, kami mengharap kritik dan saran yang dapat membangun motivasi kami agar dapat menjadi lebih baik dan lebih maju untuk masa yang akan datang.
            Harapan kami semoga laporan yang kami buat ini dapat bermanfaat bagi kami dan para pembaca pada umumnya.



Mantingan, 20 Maret 2016





_______________
Toto Krisdayanto                             




Daftar Isi
Kata Pengantar......................................................................................................1
Daftar Isi................................................................................................................2
Bab I Pendahuluan..............................................................................................3
a)      Latar Belakang.....................................................................................3
b)      Tujuan..................................................................................................3
c)      Manfaat................................................................................................3
Bab II Pembahasan.............................................................................................4
1)      Kusuma Agrowisata............................................................................4
1.      Profil Perusahaan.....................................................................4
2.      Produk Perusahaan..................................................................5
3.      Proses Produksi........................................................................6
4.      Pemasaran................................................................................6
5.      Sumber Daya Manusia.............................................................7
6.      Keuangan.................................................................................7
2)      PT.Amerta Indah Otsuka.....................................................................7
1.      Profil Perusahaan.....................................................................7
2.      Produk Perusahaan..................................................................9
3.      Proses Produksi......................................................................10
4.      Pemasaran..............................................................................10
5.      Sumber Daya Manusia...........................................................11
6.      Keuangan...............................................................................11
Bab III Kesimpulan...........................................................................................12
1)      Penutup..............................................................................................12




Bab I Pendahuluan

1.1.Latar belakang
            Kunjungan perusahaan diadakan untuk menambah wawasan mahasiswa tentang ilmu pengetahuan serta tentang dunia kerja. Mahasiswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan perusahaan untuk memperoleh pengetahuan tentang proses pembuatan suatu produk, juga untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang kewirausahaa dan proses produksi, tak hanya itu saja, juga untuk memberi wawasan kepada mahasiswa tentang proses kesuksesan sebuah perusahaan yang bermula dari nol sampai menjadi perusahaan yang besar. Kemudian agar para mahasiswa mendapatkan ilmu pengetahuan tidak hanya secara teori namun juga dari sisi praktis dari suatu perusahaan. Dengan melihat langsung dan bertanya di lokasi industri diharapkan mahasiswa makin kritis memahami realita segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia kerja. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih mendekatkan mahasiswa dengan kondisi dunia kerja yang akan mereka hadapi selepas kuliah nanti. Banyak hal yang dapat dipetik mahasiswa lewat kunjungan ini, seperti perolehan gambaran suasana kerja dan jenjang karir, serta berbagai jenis jasa yang ditawarkan.  
1.2.Tujuan
a. Untuk memperluas pengetahuan mahasiswa dalam lingkungan dunia kerja.
b. Sebagai suatu cara untuk mengaplikasikan atau menerapkan materi-materi yang telah diperoleh dalam perkuliahan oleh mahasiswa dalam bentuk teori ke dalam praktik lapangan.
c. Untuk mendorong mahasiswa agar mempunyai minat untuk mendirikan perusahaan.
d. Memperkenalkan mahasiswa kepada dunia kerja yang nyata dengan ilmu yang didapat dalam perkuliahan yang sudah diperoleh.
1.3.Manfaat
a. Mengetahui, proses produksi, pemasaran, SDM, dan         keuangan di perusahaan.
b. Mendapat gambaran saat akan bekerja di perusahaa dan gambaran bagaimana     memulai suatu usaha.
e. Untuk membandingkan teori yang telah didapat di bangku kuliah dengan kenyataan yang ada.

Bab II Pembahasan
Kusuma Agrowisata
 
2.1.1. Profil Perusahaan
            Sukses yang diraih Bapak Ir. Edy Antoro itu bermula dari keputusan besar yang dia ambil pada penghujung 1989. Sebelum banting setir menjadi pengusaha, beliau menduduki posisi mentereng di PT Perkebunan (PTP), sekarang bernama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII, sebagai sinder atau kepala bagian di Kabupaten Bondowoso. Usai mengundurkan diri, Bapak Ir. Edy Antoro memboyong istri dan anak pertamanya dari Bondowoso ke Batu. Di kota apel itu, ia memulai hidup baru dengan membeli lahan seluas empat hektare.
            Sebagai lulusan Agronomi Universitas Jember pada Desember 1983, beliau tertarik untuk berwiraswasta budidaya tanaman apel. Usaha beliau di tahap awal tidak berjalan mulus, lahan yang dibeli ternyata kualitasnya rendah. Namun, berkat keuletan selama hampir tujuh bulan, tanah berbatu itu diubah menjadi lahan subur untuk perkebunan apel. Batu-batu disingkirkan, penyuburan tanah dilakukan, sehingga dapat ditanami 3.200 pohon apel.
            Bunga apel yang mekar dan buah mulai ranum, tidak membuat Bapak Ir. Edy Antoro langsung bisa mengecap manisnya budidaya apel, beliau ketiban persoalan di penjualaan hasil kebunnya. Awalnya ia optimistis, hasil panen apel bakal dihargai tinggi sekitar Rp 2.500 per kg. Ternyata tengkulak buah yang saat itu banyak berpraktik di Batu hanya mau membeli di harga Rp 1.900 per kg.
            Tidak mau terjerat tengkulak, beliaumencoba untuk menawarkan langsung hasil kebunnya ke sejumlah toko buah di Surabaya. Langkah itu justru malah membuatnya berkecil hati. Sebab, tanpa disangka harga yang ditawarkan jauh lebih rendah yakni hanya Rp 1.500 per kg.
            Menuai kekecewaan dari hasil panen yang pertama, beliaupun nekat mengubah jenis usahanya. Dia memutuskan untuk tidak menjual apel ke perantara. Beliau membuat terobosan dengan membuka lahan kebun untuk masyarakat umum. Biaya yang dikenakan Rp 2.500 sekali masuk dan sebagai gantinya mereka boleh makan apel sebanyak-banyaknya. Ternyata cara menjual apel yang tak lazim saat itu ternyata menuai sukses. Wisata petik langsung buah apel di kebun yang dikembangkan Oleh Bpak Ir. Edy Antoro tersebut booming. PT Kusuma Agrowisata yang ia didirikan untuk mengolah kebun apel meraup omzet nomplok sampai Rp 250 juta per tahun.
VISI
            Membangun Kusuma Agrowisata Group Menjadi Perusahaan Yang Terpercaya, Tangguh dan Mampu Persaing di Pasar Global.
MISI
1.      Menghasilkan Produk Jasa Yang dapat diterima dan dapat memberikan kepuasan konsumen.
2.     Mendapatkan keuntungan untuk kelangsungan dan pengembangan usaha serta kesejahteraan karyawan.
2.1.2. Produk perusahaan
a)      Apel
b)      Jeruk
c)      Kopi
d)     Jambu biji daging merah
e)      Buah Naga
f)       Strawberry
g)      Sayur-sayuran
h)      Paprika
Kusuma Agrowisata memproduksi minuman yang terbuat dari sari buah asli yang di petik dari kebunnya sendiri.Produk yang di hasilkan adalah minuman sari buah yang bermerek Siiplah.

 Bapak Ir.Edy Antoro memilih untuk memproduksi minuman sari buah Siiplah karena beliau dapat memanfaatkan buah buah yang tidak terpetik agar bermanfaat untuk lainnya
  
2.1.3. Proses Produksi
Minuman sari buah Siiplah di produksi dari buah-buahan yang terdapat di dalam perkebunan Kusuma Agrowisata asli. Berawal dari buah-buahan yang tidak terpetik,bapak Ir.Edy Antoromempunyai infirasi untuk membuat minuman yang taerbuat dari sari buah yang tidak terpetik tadi.
Minuman sari buah Siiplah merupakan minuman yang tebuar dari buah buah segar.Setelah di petik,buah lalu di cuci sampai bersih dan langsung di proses pembuatan sari buah.Lalu sari buah di masukan ke dalam gelas plastik yang bermerek dan juga botol yang bermerek.Setelah selesai,minuman sari buah Sipplah siap di kemas ke dalam kardus dan siap di produksi serta di kirim ke konsumen.
2.1.4. Pemasaran
a)      Strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) sistem penjualan produk & jasa yang diterapkan oleh Kusuma Agrowisata di unit kegiatan wisata agro. Misalnya dalam Penjualan paket. 
b)      Sales call, pemberian discount khusus mulai dari 5%, 10%, dan 15%, serta kerjasama pemasaran dengan hotel – hotel yang ada di kota Batu dan Malang.


2.1.5. Sumberdaya Manusia

Sumberdaya manusia yang di dapatkan oleh Kusuma Agrowisata adalah dari seseorang yang memiliki minat untuk bekerja dengan cara menempelkan poster-poster yang berhubungan dengan pembutuhan sumber daya manusia.
Kusuma Agrowisata juga menggunakan beberapa fungsi operasional sumberdaya manusia.Beberapa fungsi itu adalah:
a)      Fungsi Pengadaan adalah proses seleksi, penempatan, orientasi, dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan
b)      Fungsi Pengembangan adalah proses peningkatan ketrampilan melalui pendidikan dan pelatihan. Diklat yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.
c)      Fungsi Pengintegrasian adalah kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan.
d)     Fungsi Pemeliharaan adalah kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar tercipta hubungan jangka panjang.

 2.1.6. Keuangan
Kusuma Agrowisata mendapatkan omset sebesar Rp 8.000.000.000,00 perbulannya.
Pocari Sweat
2.2.1. Profil perusahaan
            Apa sih PT. Amerta Indah Otsuka itu?? Kalau kita pernah mendengar nama itu, pasti yangada dalam pikiran kita adalah Minuman Pocari Sweat. Lalu apa hubungannya minuman inidengan perusahaan tsb?? Nah, disini kami akan menjelaskan secara singkat tentang hubungan keduanya. Pocari Sweat merupakan minuman ringan di Jepang, di produksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Tahun 1989 Pocari Sweat kemasan kaleng diluncurkan, tahun 1990 penetapan kontrak pengemasan (peralatan pabrik) , kemudian bulan Februari tahun 1997 PT. Amerta Indah Otsuka berdiri di Sukabumi–Jawa Barat. Pocari kemasan 15gr diluncurkan pada bulan Februari tahun2001, pada awal 2004 mulai memproduksi di Sukabumi. Lalu pada bulan Juni 2006 pocari kemasan 500 ml diluncurkan, tidak hanya minuman isotonic saja. PT. Amerta Indah Otsuka juga meluncurkan Soyjoy pada September 2007, kemudian bulan Oktober kembali meluncurkan pocari kemasan 350 ml.Pada Februari 2008 kantor Sukabumi & line produksi Pocari Sweat kemasan PET resmi dibuka. Bulan April tahun 2009 pocari kembali meluncurkan kemasan PET 2 liter, masih dibulan april 2010 Soyjoy rasa strawberry diluncurkan. Pada tanggal 26 Mei 2010 lalu PT Amerta Indah Otsuka, Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur Kejayan baru diresmikan oleh Executive Vice President Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd. Jepang Mr. Masayuki Umeno, disaksikan oleh manajemen dan jajaran komisaris PT Amerta Indah Otsuka , dan dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Drs. H. Saifullah Yusuf serta jajaran muspida setempat. Berdiri di luas tanah 112,480 m2 dan luas bangunan 19,326 m2, Pabrik Kejayan ini akan mampu menghasilkan PET 350 ml sebanyak 150 Juta botol/tahun. Pabrik Kejayan ini sudah mulai berproduksi dari April 2010.Dengan menggunakan peralatan yang berteknologi canggih serta bahan baku plastik yang lebih ringan serta proses produksi di suhu ruang dalam lingkungan pabrik yang bersih ini akan menghasilkan eco bottle yang ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi karbon ke lingkungan.Pabrik Kejayan ini juga dilengkapi dengan ruang perkantoran, sebuah Amphitheater dan koridor tempat dimana pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan Pocari Sweat. Fasilitas Amphitheater ini adalah fasilitas ruang serbaguna di area pabrik yang nantinya akan dibuka bagi masyarakat umum sebagai sarana edukasi tentang Pabrik Kejayan yang memproduksi Pocari Sweat secara canggih dengan teknologi tinggi dari Jepang dan tenaga kerja yang berkualitas sehingga menghasilkan Pocari Sweat sebagai produk minuman yang berkualitas tinggi.
VISI :
 Menjadi perusahaan yang brilian, dengan memberi kontribusi yang signifikan danterpercaya bagi konsumen serta masyarakat.B.
MISI :
 Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi untukmenghasilkan produk-produk berkualitas tinggi.
 Menjadikan kebutuhan kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai prioritasutama.
 Menangkap peluang di semua aspek secara tepat dan inovatif untuk kesejahteraandan kepuasan konsumen serta perkembangan perusahaan.
 Mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkandengan rekan bisnis.
 Menjadi perusahaan terpercaya.



2.2.2. Produk perusahaan
POCARI SWEAT
                Nah, produk yang sudah mendunia adalah Pocari Sweat ini. Pocari Sweat adalah minuman isotonic yang mengandung berbagai ion yang diperlukan tubuh saat tubuh mengalami dehidrasi.Siapa saja pasti sudah mengetahuinya, dan mengenal Pocari Sweat merupakan produk unggulan PT. Amerta Indah Otsuka Indonesia.
POCARI SWEAT IONESSENCE
            Kalau yang ini merupakan varian produk baru yang di luncurkan oleh Otsuka, Dikemas dalam botol berukuran 250 ml, Ionessence diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical, yang juga memproduksi minuman Pocari Sweat. bahwa kandungan elektrolit Ionessence mirip dengan elektrolit yang terdapat pada Natural Moisturizing Factor (NMF) kulit. Nah, NMF ini adalah bagian dari kulit yang bertugas menjaga kondisi kulit agar selalu terhidrasi. Saat dikonsumsi, Ionessence akan membantu mengunci cairan yang masuk ke tubuh, sehingga kulit mendapat efek maksimal dari air yang masuk ke dalam tubuh.
SOYJOY
Produk unggulan lainnya yang dimiliki oleh PT. Amerta Indah Otsuka Indonesia adalah Soyjoy. Soyjoy adalah produk baru yang menggabungkan manfaat kedelai dengan sari buah alam terbaik.


2.2.3. Proses produksi
Proses Pembuatan Pocari Sweat :
a.       Resin / Bijih Plastik sebagai bahan pembuatan kemasan *P.E.T, dibawah pengawasan QC yang ketat. 
b.      Injection Preform Resin dipanaskan dan dicetak menjadi preform / calon botol.
c.       Blowing ProsesPreform ditutup dengan suhu dan tekanan tertentu, dicetak menjadi botol.
d.      Filling Proses Pengisian larutan Pocari Sweat pada suhu kamar kedalam botol dan dilanjutkan dengan proses capping ( penutupan).
e.       Labeling Proses Pemberian label Pocari Sweat pada botol.
f.       Inspeksi Secara otomatis dengan menggunakan kamera pengawas, untuk memberikan jaminan kualitas yang tinggi.
g.      Produk Hasil akhir telah jadi berbentuk minuman ringan Pocari Sweat.
h.      Pengemasan produk dikemas kedalam karton dan disusun otomatis oleh mesin.
i.        Distribusi yang telah lulus uji kualitas dapat dikirim ke konsumen
2.2.4. Pemasaran
                PT. Amerta Indah Otsuka dengan kapasitas produksi sebesar 600 botol/menit dan jam kerja selama 23 jam per hari,  jumlah produk Pocari Sweat tentunya sangat banyak. Pabrik Pocari Sweat di Kejayan merupakan sub induk dari Perusahaan Otsuka AsiaPasifik yang memproduksi minuman isotonik Pocari Sweat. Sehingga selain memenuhi permintaan Pocari Sweat dalam negeri, produk akan diekspor ke Hongkong, Singapura, Malaysia, Arab Saudi dan Mesir.
2.2.5. Sumberdaya Manusia
            Perusahaan yang sukses dinilai, salah satunya, dari keuntungan yang diperoleh setiap tahun ataupun peningkatan profit. Meskipun begitu, PT Amerta Indah Otsuka, produsen Pocari Sweat, mengklaim kesuksesan tidak hanya diukur dari materi. Visi Amerta Otsuka pada dasarnya adalah menjadi perusahaan ‘cerdas’. Meskipun tidak menampik, keuntungan tetap prioritas. Kesuksesan perusahaan menurut Sales & Marketing Director PT.Amerta Indah Otsuka, perusahaan tersebut menghargai karyawan mengingat SDM sangat penting dan mendapat perhatian tersendiri. Perusahaan tidak bisa sukses tanpa SDM yang berkualitas. Oleh karena itu, PT Amerta Indah Otsuka mengutamakan jenjang karir SDM yang jelas dan memberikan kesempatan promosi pada SDM internal untuk mengisi jabatan yang lebih tinggi.yaitu :
Ø  Jumlah tenaga kerja untuk Pocari Sweat mencapai 800 orang,
Ø  Termasuk pegawai yang bekerja di pabrik, dan pegawai yang berada di kantor pusat mencapai 80 orang sampai 90 orang.
Ø  Angka tersebut belum termasuk karyawan outsourcing yang mencapai 200 orang.
Ø  Pabrik Pocari Sweat ada di Sukabumi dan Kejayan, Pasuruan. Karyawan outsourcing ditempatkan di pabrik maupun menjadi tenaga sales.
            Serta perusahaan mendukung pengembangan karir karyawan. Kalau di pabrik, tersebut memiliki AOTS (Association for Overseas Technician Scholarship). Ini adalah program pengiriman karyawan ke Jepang untuk belajar sesuatu. Selain itu, Amerta Indah Otsuka juga memiliki HR Institute yang memungkinkan karyawan baru memahami filosofi Otsuka. Pocari lebih dikenal untuk segmen pasar usia 25-30tahunan. Tapi dengan persiapan untuk masa yang akan datang, target pasar harus perlebar. Salah satu target konsumen utama adalah remaja. Dengan mengundang pelajar SMA untuk ikut berpartisipasi di beberapa acara kami. Pocari Sweat jugamemanfaatkan tiga jejaring sosial yaitu Facebook, Twitter dan Foursquare untuk merangkul mereka menjadi konsumen.
2.2.6. Keuangan
            Keuangan perusahaan Amerta Indah Otsuka tidak boleh di beritahukan kepada umum karena merupakan rahasia perusahaan itu sendiri.



BAB III Kesimpulan
           
            Setiap perusahaan yang maju dan berkembang pasti dahulunya memiliki proses pendiriannya yang sangat penuh dengan perjuangan. Jatuh bangunya perusahaan itulah yang bisa merubah perusahaan tersebut menjadi kokoh. Kegagalan itu bukan akhir dari sebuah perjuangan tetapi kegagalan adalah awal perjalanan untuk menuju sebuah kesukesesan.
            Setiap perusahaan juga mempunyai produk masing-masing entah itu jasa/barang yang akan mereka produksikan dan pasarkan sebagai sumber penghasilan perusahaan tersebut. Produk yang berkualitas bagus akan sangat laris dipasaran. Oleh karena itu, perusahaan juga harus memberikan produknya dengan layanan, kemasan, dan kualitas yang terbaik serta memiliki nilai tambah.
            Pemasaran adalah hal yang paling berpengaruh untuk mengenalkan produk tersebut kepada masyarakat. Pemasaran yang baik akan mempengaruhi nilai pelanggan yang positive terhadap produk yang mengakibatkan naiknya permintaan terhadap produk.
            Sumber daya manusia yang paling efektif dan evisien adalah berniat untuk bekerja karena ibadah. Bagaimana pun jalannya perusahaan tersebut bila dilakukan karena ibadah akan berjalan lancar tidak ada permasalahan antara manajer dan karyawan, sehingga pendapatan perusahaan pun menjadi berlimpah.






1 komentar:

  1. Saya ingin berkongsi dengan anda semua di sini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari Encik Benjamin yang membantu saya dengan pinjaman sebanyak 400,000.00 Euro untuk memperbaiki perniagaan saya. Ia mudah dan cepat apabila saya memohon pinjaman apabila keadaan semakin kasar dengan perniagaan saya. Benjamin memberi pinjaman saya tanpa berlengah-lengah. di sini adalah e-mel Benjamin / e-mel kenalan: +1 989-394-3740, lfdsloans@outlook.com.

    BalasHapus